Rel Daerah Semarang Masih Tergenang Air, KAI Pakai Lokomotif Khusus

Rel kereta di Semarang terendam banjir.
Sumber :
  • Teguh Sutrisno/VIVA.

VIVA – Banjir yang menggenangi Stasiun Semarang Tawang hari ini sudah surut. PT  KAI Daop 4, Semarang, Jawa Tengah, mulai melakukan upaya menjalankan kereta dengan lokomotif khusus.

Banjir dan Longsor di Luwu Sulawesi Selatan, 12 Desa Terisolir

Penggunaan lokomotif pinjaman dari Ditjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan tersebut dilakukan, karena masih ada lintasan rel yang terendam di jalur antara Stasiun Tawang dengan Stasiun Alastua.

Jalur Alastua merupakan salah satu bagian dari jalur lintas timur dari Semarang hingga Surabaya. Jalur ini tak bisa dilewati sejak hari Sabtu hingga Senin. Perjalanan kereta api pun dialihkan melalui jalur selatan.

Kenang Terjebak Banjir di Dubai, Atta Halilintar: Alhamdulillah Kita Bisa Selamat

Baca juga: Viral Rupiah Redenominasi Bergambar Jokowi, BI Tegaskan Hal Ini

Kepala Stasiun Semarang Tawang, Ganjar Mairizal mengatakan, upaya saat ini sedang dilakukan agar kereta bisa lewat. Namun, meski stasiun sudah tidak tergenang, lintasan rel yang terendam di beberapa titik. Sehingga ada dua skenario yang akan diterapkan.

Basarnas Evakuasi Ayah dan Anak yang Terjebak Banjir di Konawe Utara

“Skenarionya kalau genangan di lintasan rel surut, kita akan menjalankan KA normal, tapi kalau belum surut kita terapkan skenario lain dengan menggunakan loko CC 300 dari ditjen (Perkeretaapian). Jadi, nanti skenario hari ini tetap jalan,” ujarnya.

Saat ini para pekerja masih bekerja keras membenahi rel yang sempat terendam sampai kondisinya ideal untuk dilalui.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya