Ketika Ratusan Anak Muda Bangkitkan UMKM Lokal Lewat Medsos

Ilustrasi UMKM.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 ratusan pemuda dari 18 Provinsi ikut serta mempromosikan produk lokal UMKM melalui laman media sosial selam 1 bulan. Pemuda tersebut berupaya membangkitkan UMKM lokal.

Terpopuler: Akses Media Sosial Tanpa Sentuhan, Harga Ponsel Samsung Semua Tipe

Kegiatan yang dimulai sejak Agustus 2021 ini dilakukan oleh Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) dalam sebuah lomba live selling, video advertising dan empowerment action dalam acara wirakarya local heroes festival 2021.

Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo mengatakan dalam lomba tersebut penampilan dari semua peserta tampil secara totalitas untuk memperkenalkan potensi UMKM di daerahnya. 

Foto Penampakan Hewan Laut Menyeramkan Ini Sudah Ditonton 12 Juta Kali Dalam Sehari

Baca juga: Cara Erick Thohir Jaga Pasar RI Tak Jadi Pertumbuhan Bangsa Lain

Yudho berharap kegiatan ini menjadi momentum kebangkitan para pemuda untuk menjadi pahlawan lokal di daerahnya yang dapat meningkatkan perekonomian kerakyatan dengan lebih kreatif dengan memanfaatkan kemudahan teknologi. 

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

"Acara ini akan diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya dan berharap semakin mendapat respons positif dari masyarakat luas," jelas Yudho dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu 31 Oktober 2021. 

Adapun pada fase final yang diselenggarakan 26-27 Oktober, pemuda itu menyuguhkan penampilan live selling yang disiarkan secara langsung melalui daring untuk mempromosikan produk-produk lokal unggulan setiap provinsi.

PANDI.id.

Photo :
  • pandi.id

Sementara penobatan duta sahabat UMKM adalah Maluku yang tampil sebagai pemenang lomba live selling, sedangkan untuk kategori empowerment action pemenangnya diraih oleh Yogyakarta melalui program pemberdayaan UMKM bagi penyandang disabilitas dengan nama program Ayo Bermimpi.

Cerita pemberdayaan yang ditulis melalui website ini mampu menginspirasi anak muda lainnya untuk bergerak untuk membantu pelaku UMKM di sekitarnya. 

Sedangkan untuk lomba video advertising terbagi menjadi kategori di mana Sulawesi Selatan tampil menjadi yang terbaik untuk kategori produk makanan, Jawa Tengah sebagai pemenang kategori minuman, kategori busana dimenangkan oleh Nusa Tenggara Barat, kategori kerajinan berhasil diraih oleh Sulawesi Tengah dan untuk kategori jamu tradisional diraih Riau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya