Ukraina Umumkan Keadaan Darurat, Harga Emas Meroket

Ilustrasi Emas Batangan Global.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/aa

VIVA – Harga emas internasional naik pada perdagangan Kamis, 24 Februari 2022 menuju level tertinggi sembilan bulan. Hal itu terjadi karena investor mencari perlindungan investasi di tempat yang aman setelah Ukraina mengumumkan keadaan darurat dan Barat memberlakukan lebih banyak sanksi pada Rusia karena mengirim pasukan ke Ukraina timur.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Dilansir dari The Economic Times, harga emas di pasar spot naik 0,3 persen menjadi US$1.912,40 per ons setelah sempat mencapai level tertinggi sejak 1 Juni di US$1.913,89 per ons pada hari Selasa. Sedangkan emas berjangka AS naik 0,2 persen menjadi US$1.913,20 per ons.

Kabar yang cukup memengaruhi harga emas adalah saat Separatis di Ukraina meminta bantuan Rusia untuk mengusir ‘agresi’ pada hari Rabu dan Ibu Kota Ukraina, Kyiv mengumumkan wajib militer dan keadaan darurat ketika Barat menjatuhkan lebih banyak sanksi terhadap Moskow dalam upaya untuk menghentikan invasi habis-habisan.

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

Amerika Serikat pada hari Rabu menjatuhkan sanksi pada perusahaan yang bertanggung jawab untuk membangun pipa gas Nord Stream 2 Rusia, ini memperluas hukuman di Moskow setelah mengakui dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur.

Emas Domestik

Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada hari ini dibanderol seharga Rp974 ribu per gram. Harga tersebut naik Rp5.000 per gram jika dibandingkan dengan perdagangan kemarin.

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam ditetapkan Rp881 ribu per gram. Harga itu naik Rp3.000 per gram dibanding perdagangan kemarin.

Ilustrasi emas batangan Antam.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Adapun harga emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp4,64 juta, 10 gram Rp9,23 juta, 25 gram Rp22,96 juta, dan 50 gram Rp45,84 juta. Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp91,61 juta, 250 gram Rp228,76 juta dan emas 500 gram Rp457,32 juta. 

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp537 ribu dan 1.000 gram senilai Rp914,6 juta.  

Untuk diketahui, harga penjualan emas batangan Antam ini belum termasuk pajak. Pada hari ini, ukuran emas 250 gram belum tersedia di butik logam mulia Antam Pulo Gadung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya