BLT Minyak Goreng Cair Mulai 4-21 April, Dibayar Langsung 3 Bulan

Sekjen Kemensos Harry Hikmat
Sumber :
  • Kemensos

VIVA – Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Harry Hikmat mengatakan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau BLT minyak goreng akan dilakukan pencairan mulai dari 4-21 April 2022. Dengan besaran bantuan sebesar Rp100 ribu per bulan selama 3 bulan.

Daftar Harga Pangan 2 Mei 2024: Cabai Merah hingga Gula Naik

Untuk waktu penyaluran dilakukan mulai dari April, Mei, Juni. Dan BLT minyak goreng penyalurannya akan dibayarkan sekaligus selama 3 bulan, dengan artian masyarakat akan menerima bantuan sebesar Rp300 ribu.

"Dan penyaluran akan digunakan mekanisme langsung, dengan menggunakan jasa PT Pos," kata Harry melalui Media Briefing BLT Minyak Goreng, Jumat 8 April 2022.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Harry juga menekankan bahwa pada prinsipnya BLT minyak goreng ini dilakukan pemerintah untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat. Di mana saat ini berbagai harga kebutuhan pokok mengalami peningkatan.

"Sehingga pemanfaatannya itu tidak hanya terbatas untuk pembelian minyak goreng, tetapi bisa juga untuk kebutuhan pokok lain," ujarnya.

Kompak Sebut Bansos Tak Terkait Pemenangan Paslon, Ini Poin Penting Kesaksian 4 Menteri di MK

Selain itu, BLT minyak goreng merupakan salah satu solusi agar masyarakat bisa tetap melanjutkan usahanya. Tanpa terbebani oleh kenaikan harga-harga atau kenaikan minyak goreng.

Adapun untuk penyaluran BLT minyak goreng kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dan program keluarga harapan (PKH) dilakukan secara tunai.

"Dan pemberian batuan itu dilakukan nanti dilakukan secara terorganisir di setiap desa atau kelurahan sesuai dengan daftar jumlah KPM dan jumlah penerima sembako," terangnya.

Harry mengatakan untuk status data yang sudah terhimpun atau telah siap disalurkan sebesar 1.070.853. Dan telah disiapkan untuk segera dilakukan penyaluran kepada penerima BLT minyak goreng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya