Airlangga Ungkap Kunci Maksimalkan Ekonomi dan Keuangan Digital

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah terus mengupayakan peningkatan infrastruktur digital demi pembentukan masyarakat siap digital. Sehingga dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional  

Genjot Inovasi Sistem Keuangan Digital, BI Dorong Kolaborasi Global

Meburutnya pembangunan sarana dan prasarana digital terus dipacu agar layanan jangkauan, kualitas, dan konektivitas bisa tersambung lebih merata dan adil.

“Pemerintah berupaya agar pengembangan keahlian digital dengan menyediakan beasiswa di bidang TIK melalui program Digital Talent Scholarship,” kata Airlangga Airlangga dalam pidato sambutannya secara virtual pada acara Leaders Insight pada Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022, Jumat, 15 Juli 2022.

Cadangan Devisa RI Maret Turun Jadi US$136,2 Miliar Buat Bayar Utang dan Stabilisasi Rupiah

Airlangga menyampaikan, bahwa pembentukan masyarakat siap digital bisa dilakukan dengan mendorong aspek-aspek penting. Yaitu, peningkatan dari sisi literasi, aksesibilitas, keterampilan, dan ketenagakerjaan.

“Pembentukan masyarakat Indonesia yang siap digital adalah prasyarat mutlak untuk dapat merealisasikan manfaat ekonomi dan keuangan digital,” jelasnya. 

Rupiah Melemah Tertekan Fed Tunda Pangkas Suku Bunga hingga Konflik Timteng Memanas

Selain itu, Airlangga juga mendorong peningkatan kerja sama regional dan global di bidang teknologi digital. Hal itu untuk memastikan visi Indonesia emas 2045 tercapai.

Pemerintah jelasnya, juga menyadari pentingnya penguatan kerja sama serta dukungan dari pihak swasta. Terutama dari Big Tech Firms untuk pengembangan aksesibilitas digital di Indonesia.

Digitalisasi.

Photo :
  • INSEAD Knowledge

“Untuk menyukseskan proses transformasi digital, dukungan dan kesiapan masyarakat sangat diperlukan. Hal ini bertujuan tidak hanya untuk meminimalkan dampak disrupsi, tapi juga mampu mengoptimalkan peluang dan manfaat dari perkembangan teknologi digital,” paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya