Hasil RUPST BNBR Berhasil Bukukan Laba Bersih Rp98 Miliar

RUPS PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR).
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) berhasil menorehkan kinerja keuangan yang positif sepanjang 2021. Dengan membukukan laba bersih sebesar Rp98 miliar.

RUPST Telkomsel Sepakati Perombakan Jajaran Direksi, Ini Susunan Terbarunya

Direktur Utama dan CEO BNBR, Anindya N Bakrie, menyatakan bahwa prestasi ini diraih melalui upaya yang tidak mudah. Sebab di tahun sebelumnya atau 2020 kinerja perusahaan mengalami hasil yang kurang memuaskan.

"Kami bersyukur kerja keras dan langkah-langkah efisiensi yang telah dijalankan dapat berdampak positif. Kami yakin ini akan terus berlanjut, seiring dengan bergulirnya sejumlah proyek strategis yang kini tengah kami kerjakan," ujar Anindya dalam RUPST BNBR di Gedung Bakrie Tower Kuningan, Jakarta, Kamis 21 Juli 2022.

Raup Laba Bersih Rp483 Miliar pada 2023, BRI Insurance Bagikan Dividen Rp 118 Miliar

Baca juga: RUPST Bakrieland Angkat 2 Direksi Baru, Ini Profilnya

Anindya mengatakan, kinerja positif itu sebagian terjadi karena efisiensi operasional di entitas anak perusahaan. Meski jelasnya, pendapatan bersih mengalami penurunan sebesar 2,9 persen.

Cetak Laba Bersih 2023 Rp 6,8 Triliun, Jasa Marga Bagikan Dividen Rp 274,8 Miliar

Namun, BNBR berhasil menurunkan harga pokok penjualan (HPP) sebesar 11 persen yang menyebabkan laba kotor Perseroan naik 70 persen menjadi sebesar Rp418 miliar pada 2021 dari posisi tahun sebelumnya sebesar Rp245,9 miliar.

Direktur Utama dan CEO PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Anindya Novyan Bakrie.

Direktur Utama dan CEO PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Anindya Novyan Bakrie.

Photo :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

"Beban usaha pun turun sebesar 25 persen sehingga berhasil mencatatkan laba usaha sebesar Rp24,2 miliar dibanding tahun sebelumnya yang mengalami rugi usaha sebesar Rp279,1 miliar," jelasnya.

Lebih lanjut Anindya menuturkan, dengan semakin membaiknya kinerja BNBR maka langkah perseroan kini semakin ringan. Untuk berfokus menekuni sustainable business, khususnya di bidang industri energi baru dan terbarukan atau green energy dan elektrifikasi transportasi.

Adapun untuk kedua bidang usaha yang kini tengah dikembangkan BNBR merupakan bagian dari komitmen Perseroan dalam mendukung target net zero emission (NZE) Indonesia, atau bebas emisi pada 2060. Sekaligus menjadi salah satu target Perseroan untuk menjadi perusahaan bebas emisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya