Airlangga Ungkap Koperasi ‘Zaman Now’ Harus Diterima Generasi Milenial

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri acara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 sekaligus membuka acara Pekan Raya Kendal di Stadion Utama Kebondalem Kendal.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Airlangga: Tertinggi Sejak 2015

Hadir pula pada kesempatan itu, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Chalid, Bupati Kendal Dico Ganinduto dan beberapa kepala daerah lainnya.

Pada kesempatan itu Menko Airlangga Hartarto mengungkapkan, kalau ingin maju maka koperasi harus bisa berkembang dan diterima oleh generasi muda.

Minister Brings Significant Issue as Indonesian Representative in OECD

“Kelompok milenial atau pemuda telah menjadikan platform digital sebagai pilihan utama dalam kehidupannya. Dengan potensi itu, generasi milenial turut aktif membawa perubahan dalam transformasi ekonomi digital khususnya koperasi digital,” kata Airlangga dikutip Minggu, 24 Juli 2022.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno
Wakili Indonesia di OECD, Menko Airlangga Bahas Tiga Isu Penting Ini

Ia menambahkan, untuk bisa bersaing maka koperasi harus dikelola profesional, mengadopsi perkembangan dan dinamika yang terjadi dalam masyarakat dalam era digital.

"Harus, harus bisa memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan skala usaha dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan manajemen dan usahanya. Kualitas SDM koperasi perlu terus ditingkatkan," tegasnya.

Sementara itu, acara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 yang dipusatkan di Kendal Jawa Tengah diikuti oleh ribuan anggota koperasi dari berbagai daerah, antara lain dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan lain-lain. 

Mereka membawa serta produk UMKM khas daerah masing-masing untuk dipamerkan sekaligus menjadi ajang transaksi penujalan produk UMKM.

Laporan: tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya