Realisasi Belanja PUPR hingga Agustus Capai Rp 47,79 Triliun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Dok. PUPR

VIVA Bisnis – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, realisasi pagu anggaran Kementerian PUPR per 23 Agustus 2022 adalah sebesar Rp 47,79 triliun. Angka tersebut sebesar 41,07 persen dari total anggaran sebesar Rp 116,37 triliun.

Luhut Tegaskan RI Harus Jadi Contoh Transisi Energi Berkeadilan

“Dengan progres fisik sebesar 46,94 persen," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Jumat 26 Agustus 2022.

Selain itu, Basuki menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen penuh dalam mendukung penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN), untuk menjaga roda ekonomi nasional melalui pengadaan barang dan jasa minimal 90 persen dari pagu anggaran.

Apakah Indonesia Butuh Teknologi 6G

"Sampai tengah Agustus 2022, realisasi belanja penggunaan PDN sebesar Rp 44,61 triliun atau 42,99 persen dari target Rp 103,78 triliun," ujarnya.

Infrastruktur Jalan dan jembatan siap untuk mudik.

Photo :
  • PUPR.
Waskita Targetkan 5 Paket Proyek Bendungan Rampung Tahun Ini, Intip Progresnya

Kementerian PUPR bakal terus melanjutkan program kerja melalui belanja infrastruktur PUPR, seperti pembangunan dan pemeliharaan bendungan, irigasi, jalan, jembatan, sanitasi, dan sistem air minum. 

Lalu, ada juga belanja infrastruktur lain seperti penataan kawasan, infrastruktur di kawasan strategis pariwisata, serta rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dari progres tersebut, Basuki menyebutkan sejumlah infrastruktur Kementerian PUPR, yang telah diresmikan dari Januari hingga Juli 2022. 

Pertama, untuk Infrastruktur Bidang Sumber Daya Air (SDA) diantaranya yakni Bendungan Randugunting Jawa Tengah (Jateng), Bendungan Bintang Bano di NTB, dan Embung Sumingkir di Jateng.

"Di bidang Jalan dan Jembatan, antara lain Jembatan Gantung Girpasang di Jateng, Jalan Bypass-Balige (KSPN Danau Toba), Jembatan Ploso Jawa Timur (Jatim) dan Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Jateng," kata Basuki. 

Selanjutnya, di bidang Permukiman antara lain berupa Rehabilitasi SDN Nglinduk 3 Jateng, Revitalisasi Pasar Legi Jateng, Penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat Sumatera Utara (Sumut), Penataan Kampung Ulos Hutaraja dan Huta Siallagan Sumut, Penataan Kawasan Gunung Kemukus Jateng, dan Pasar Banyumas Jateng.

"Sedangkan di bidang Perumahan, antara lain Rusun Ponpes Al Qur’an Azzayadiy Jateng, dan Rusun Yayasan Bhakti Bapa Emak di Jatim," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya