Bisnis Penerbangan Mulai Pulih, AP II Proyeksikan Pergerakan Penumpang 60 Juta Orang Tahun Ini

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin di Bandara Soetta.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA Bisnis – Bisnis penerbangan yang mulai pulih merupakan angin segar bagi para pengelola bandar udara di Indonesia. Tak terkecuali, PT Angkasa Pura II.

Indonesia Kembali Masuk White List, BKI Dapat Pengakuan Internasional untuk Keselamatan Kapal

Di mana untuk tahun ini, perusahaan pelat merah yang menaungi 19 bandar udara termasuk, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang itu, memproyeksikan sebanyak 60 juta pergerakan penumpang di tahun 2022.

"Kami targetkan sepanjang 2022 ini jumlah penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai 60 juta penumpang," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin, Senin, 17 Oktober 2022.

Konsolidasi BUMN Karya Ditarget Rampung September 2024, Ini Tujuannya

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin

Photo :
  • VIVA/Sherly

Angka ini muncul setelah, berdasarkan data pada Januari - September 2022, jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai sekitar 44,03 juta penumpang atau meningkat signifikan 115,30 persen dibandingkan dengan Januari - September 2021 sebanyak 20,45 juta penumpang.

Bea Cukai Tanggapi Viral Penumpang Pilih Robek Tas Hermes Ketimbang Bayar Pajak Rp 26 Juta

Sepanjang 2022 pun, peningkatan jumlah penumpang terjadi pada setiap kuartal. Pada Kuartal I-2022 jumlah penumpang tercatat 11,85 juta penumpang, lalu Kuartal II-2022 meningkat sebanyak 16,01 juta penumpang, dan Kuartal III-2022 tercatat 16,16 juta penumpang.

"Tren kenaikan jumlah penumpang terjadi pada setiap kuartal pada 2022, dan ini merupakan indikasi bahwa pemulihan terus menguat. Kami proyeksikan jumlah penumpang pada Kuartal IV-2022 juga akan tetap menguat sejalan dengan adanya periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023," ujarnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin.

Photo :
  • VIVA/Sherly

Dalam hal ini pun, pihaknya dan stakeholder berkoordinasi dan bersinergi erat guna memastikan peningkatan permintaan penerbangan pada akhir tahun ini dapat diakomodir dengan baik.

"Operasional bandara dan penerbangan pada akhir tahun ini dipastikan berjalan dengan baik untuk memenuhi permintaan yang ada, menggenapi operasional yang telah berjalan lancar sepanjang tahun," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya