Erick Thohir Buka-bukaan Capaian Transformasi BUMN ke Tony Blair

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Bisnis – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMNErick Thohir membeberkan sejumlah capaian kinerja dari program Transformasi BUMN, kepada mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Hal itu terjadi dalam perhelatan SOE International Conference, yang digelar di Nusa Dua, Bali.

Tiba di Paris, Timnas Indonesia U-23 Geber Persiapan Hadapi Guinea

Capaian yang dibicarakan Erick kepada Blair antara lain soal langkah pengurangan perusahaan BUMN, dari 108 menjadi 41 perusahaan saja. Selain itu, untuk meningkatkan kinerja BUMN, keberhasilannya juga dapat dilihat dari peningkatan jumlah BUMN yang membagikan dividen dari 11 menjadi 20 perusahaan.

"Sudah saatnya BUMN bisa lebih banyak bermanfaat bagi masyarakat," kata Erick dalam keterangannya, Selasa 18 Oktober 2022.

Ringankan APBN, Indonesia Re Godok Skema Pembiayaan Rekonstruksi Akibat Bencana

Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan (kiri) dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair (kanan) berinteraksi dengan robot pintar saat mengunjungi area expo sebelum pembukaan State-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua

Photo :
  • Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay/rwa.

Kemudian, program Indonesia Water Fund (IWF), yang ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perbaikan akses air bersih bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan dana awal Rp 15 triliun, IWF yang terdiri dari sinergi Holding BUMN yakni Danareksa, Nindya Karya, Perum Jasa Tirta 1, dan Perum Jasa Tirta 2 itu, akan menghadirkan sambungan air ke berbagai wilayah di Indonesia.

Erick Thohir: Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

"Pemerintah juga memberikan subsidi besar untuk sektor energi (sebesar) Rp 500 triliun," ujar Erick.

Selain itu, Erick mengatakan bahwa Kementerian BUMN juga telah mengkoordinasikan kepada jajarannya, bahwa terdapat cara untuk membantu rakyat dengan skema business-to-business (b2b) partnership.

"Skema ini nantinya dapat ditiru oleh 40 wilayah lain yang dirasa memiliki peluang bisnis yang baik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya