PUPR Pastikan Jalan Nasional Cianjur-Cipanas Sudah Dibuka Kembali, Ini Penampakannya

Jalan Nasional Cianjur-Puncak kembali dibuka.
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA Bisnis – Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja menyampaikan, ruas jalan nasional Cianjur-Cipanas yang sebelumnya sempat tertutup timbunan longsor, sebagai dampak gempa Cianjur, siang ini sudah dibuka kembali.

BPBD Cianjur Catat Pergerakan Tanah Masih Terjadi selama Tanggap Darurat Bencana

"Kondisi sekarang sudah terbuka," kata Endra kepada media, Selasa 22 November 2022.

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, langsung bertolak menuju lokasi longsor akibat gempa Cianjur, pada Senin 21 November 2022 malam.

Awas! Oli Tumpah di Jalan Juanda Depok, Pengendara Diimbau Waspada

Baca juga: Dipantau Langsung Menteri Basuki hingga Dini Hari, Jalan Cianjur-Cipanas Mulai Tembus dari Longsor

Rombongan Kementerian PUPR itu diketahui tiba di lokasi longsor, yang berada di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, pada sekitar pukul 21.45 WIB kemarin malam.

Banjir dan Longsor di Luwu Sulawesi Selatan, 12 Desa Terisolir

Basuki mengatakan, fokus penanganan dilakukan dengan excavator dan dump truck yang sudah berada di lapangan, untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan pada ruas Cipanas-Cianjur.

Jalan Nasional Cianjur-Cipanas bersih dari longsoran.

Photo :
  • Dok. Kementerian PUPR

"Hingga Selasa 22 November 22 pukul 01.45 WIB, total alat berat bekerja dari dua sisi yang berbeda, yakni sisi Cianjur di bagian Selatan dan sisi Cipanas di bagian Utara, adalah 6 unit excavator dan 6 unit dump trucks," kata Basuki dalam keterangannya, Selasa 22 November 2022.

Basuki memperkirakan bahwa pada siang hari ini, Selasa 22 November 2022, pembersihan longsoran pada badan jalan sudah bisa diselesaikan, sehingga ruas jalan Cianjur-Cipanas pun bisa segera dibuka kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya