Lanjutkan Penghijauan di Kota Mandiri, Lippo Karawaci Ungkap Strateginya

Lippo Karawaci
Sumber :

VIVA Bisnis – PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) berkomitmen melakukan peremajaan dan perawatan penghijauan di sejumlah kota mandiri yang telah dikembangkan. Di antaranya seperti Lippo Village, Lippo Cikarang, dan Tanjung Bunga, Makassar.

Simak Strategi Lippo Karawaci Minimalkan Kehilangan Air

Group Chief Executive Officer (CEO) LPKR John Riady menjelaskan, sejak awal pendiriannya, LPKR memiliki visi untuk memberikan dampak kehidupan melalui pengembangan kota-kota mandiri yang terencana dan berkelanjutan dalam lingkungan hijau serta infrastruktur fisik dan sosial kelas satu.

"Meskipun usaha LPKR telah berkembang dalam kurun waktu tiga dekade terakhir, yakni perkembangan pesat bisnis di bidang layanan kesehatan, mal, dan perhotelan, tetap tidak mengurangi komitmen LPKR untuk menciptakan ekosistem perkotaan yang asri, berkelanjutan dan berkembang untuk dinikmati oleh semua kalangan," kata John dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis, 8 Desember 2022.

Properti di Tangerang Tumbuh, Lippo Karawaci Rilis Lebih Banyak Unit di Park Serpong

Waterfront estates, produk rumah tapak PT Lippo Cikarang, anak usaha dari PT Lippo Karawaci.

Photo :
  • Tangkapan layar YouTube

LPKR, lanjut dia, melakukan investasi yang signifikan untuk peremajaan dan perawatan penghijauan di ruang umum, terutama degan menanam pohon dan membudidayakan tanaman lokal. 

Genjot Kinerja, Krakatau Sarana Properti Mulai Ekspansi Bisnis di Luar Cilegon

Meremajakan Ruang Hijau

Dari tahun 2019 hingga 2021, LPKR disebut telah menghabiskan lebih dari Rp 1 miliar untuk meremajakan ruang hijau yang pasif atau terlantar di Lippo Village, yang menghasilkan tambahan 32.000 meter persegi ruang hijau terbuka untuk dinikmati penghuni dan masyarakat umum.

LPKR telah menanam lebih dari 165.000 pohon di Lippo Village, Lippo Cikarang, dan Tanjung Bunga, yang sebagian besar ditanami oleh penduduk lokal dan komunitas masyarakat. Selain menciptakan lingkungan yang asri, pohon-pohon tersebut juga diyakini berfungsi sebagai penyaring karbon di udara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK). 

Upaya melakukan penanaman pohon dan penempatan area terbuka hijau di tempat yang strategis disebut juga membantu mengurangi panas di lingkungan perkotaan. Contohnya, rata-rata temperatur harian di Lippo Village adalah 28 derajat Celcius, yang mana 3 derajat lebih rendah daripada rata-rata temperatur harian di Jakarta yaitu 31 derajat Celcius.

Ke depannya, John melanjutkan, pihaknya berkomitmen untuk lebih mengintegrasikan keberlanjutan dalam strategi dan operasi bisnis, dengan membangun momentum yang baik dari upaya keberlanjutan perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya