Sediakan Tiket Terusan Rp50 Ribu 2 Hari, Kementerian BUMN Pede F1H20 Jadi Tontonan Rakyat

Gedung Kementerian BUMN.
Sumber :
  • Wikagedung.co.id

VIVA Bisnis – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan bahwa event F1H2O (F1 Power Boat) yang bakal digelar di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara pada 25-26 Februari 2023 mendatang, merupakan jenis tontonan olahraga yang tak hanya bisa diakses oleh kalangan menengah ke atas, melainkan juga oleh masyarakat umum.

6 Komponen Kerangka Kerja BTN Dalam Genjot Proses Bisnis Dengan Prinsip ESG

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menjelaskan, hal itu karena PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, selaku pihak penyelenggara F1H2O, telah menyediakan tiket untuk public viewing di Bukit Pahoda dengan harga Rp 50 ribu per orang untuk 2 day pass.

Karenanya, meskipun di Eropa tontonan F1H2O ini umumnya hanya menjadi tontonan bagi para 'orang kaya', Arya memastikan bahwa di Indonesia semua kalangan dipastikan akan sama-sama bisa menikmati pergelaran acara F1H2O tersebut.

Ada Fuad Bawazier hingga Grace Natalie, MIND ID Angkat 3 Komisaris Baru

"Jadi F1H2O ini kalau di Eropa itu jadi tontonannya orang kaya (yang mampu menontonnya hingga ke) Monako. Tapi di Indonesia justru dipertontonkan untuk tontonan rakyat," kata Arya saat ditemui di forum Ngopi BUMN, Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Februari 2023.

Bahkan, Arya mengatakan jika tiket untuk public viewing tersebut dibuat dengan mengusung tema piknik, karena lokasi menontonnya yang terletak di atas bukit.

Komisi VI DPR Minta Erick Thohir Perketat Pengawasan di BUMN

Danau Toba.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

"Biar rakyat bisa nonton dari atas bukit sambil membawa kebo dan sapi. Pokoknya nanti ini bakal jadi acara untuk rakyat," ujar Arya.

Sementara harga tiket utama sebesar Rp 500 ribu, disediakan InJourney untuk penonton di race venue yang berada di lapangan Sisingamangaraja, di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu. Tiket di race venue itu pun dibagi menjadi 3 grand stand, yakni Grand stand A, B dan C.

Selain sebagai ajang balap, di mana Indonesia belum memiliki tim balap yang mewakili Tanah Air berkompetisi, F1H2O ini juga menjadi ajang untuk mendorong dan menggerakkan perekonomian dan UMKM masyarakat lokal.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Photo :
  • Dok. Istimewa

"UMKM lokal akan dilibatkan dan diutamakan dalam penjualan barang-barangnya. Kita yakin akan menggerakkan (perekonomian di sana)," ujarnya.

Diketahui, saat ini 2.000 tiket F1H2O Powerboat Lake Toba 2 day pass yang dijual melalui platform Loket.com, kabarnya sudah habis terjual. Sementara untuk penjualan tiket di tiga grand stand kabarnya juga sudah ludes terjual, seiring tiket public viewing yang kini juga habis terjual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya