Jokowi Mondar-mandir ke IKN, PLN Pastikan Listrik Tanpa Kedip

Pembangunan infrastruktur listrik PLN.
Sumber :
  • Dok. PLN

VIVA Bisnis – PT PLN memastikan keandalan listrik di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bisa berjalan dengan baik. Hal itu dilakukan khususnya selama kunjungan Presiden Joko Widodo pekan lalu.

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Bahkan General Manager (GM) PT PLN Kaltimra Joice Lanny Wantania, di Balikpapan, mengatakan, pihaknya menerapkan sistem suplai berlapis selama pada momentum tersebut.

“Kami pastikan ketersediaan listrik tanpa kedip,” ujar Wantania dikutip Senin, 27 Februari 2023.

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

Wantania memaparkan, sistem penyaluran berlapis yang dimaksud adalah menghubungkan kawasan di mana presiden berada dengan sejumlah sumber pasokan listrik, selain juga memanfaatkan UPS (uninterrupted power supply) mobile yang bersiaga di dekat lokasi Presiden berkegiatan. Dengan demikian suplai listrik untuk kawasan itu terjaga maksimal.

Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi bermalam di IKN

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

Dengan sistem berlapis itu, bila sistem suplai utama mengalami gangguan, maka segera digantikan oleh sistem cadangannya, dan sementara peralihan sistem, bila diperlukan, UPS beraksi.

Karena itu, bahkan tidak diketahui (kecuali oleh petugas di ruang kontrol dan petugas lapangan yang berwenang) sistem utama mengalami gangguan. Untuk mendukung ini, sejumlah petugas berjaga mulai dari ruang kontrol dan di titik-titik tertentu di jaringan distribusi.

"Kami berkonsentrasi terutama pada lokasi-lokasi kegiatan yang menjadi agenda Presiden, yaitu Dome Balikpapan, hotel, lokasi Titik Nol IKN di mana digelar rapat terbatas," ungkapnya.

Diketahui, sepanjang pekan ketiga Februari 2023 lalu, Presiden Jokowi menjalani jadwal yang padat di Kaltim. Presiden mulai dari pembukaan Muktamar Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan, Rakernas APPSI (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia), pemberian surat keputusan perhutanan sosial, hingga puncaknya kunjungan ke lokasi IKN.

Presiden Jokowi meninjau Kawasan 1B, IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim

Photo :
  • Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Ia menambahkan, koordinasi secara internal PLN maupun dengan para pihak terkait sudah dilakukan jauh hari sebelumnya untuk mempersiapkan keandalan listrik tersebut. Persiapan itu dimulai dengan melakukan pengecekan kesiapan sistem pembangkit, titik kritis jaringan, dan kesiapan personel yang akan bertugas di masing-masing lokasi.

"Kami bersyukur keandalan listrik selama kunjungan RI 1 di Balikpapan terjaga dan pelaksanaan agenda kegiatan Presiden dapat berjalan dengan lancar," tutupnya (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya