IHSG Diproyeksi Bergerak Mixed Jelang Akhir Pekan, Ini yang Bikin Galau

Pergerakan IHSG beberapa waktu lalu saat di kisaran 6.200-an (foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 22 poin atau 0,33 persen di level 6.777, pada pembukaan perdagangan Jumat, 10 Maret 2023.

IHSG Melemah Dibayangi Aksi Profit Taking Saham Perbankan Big Cap

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Ratih dalam riset hariannya, Jumat, 10 Maret 2023.

Minta Aturan Tembakau Dipisah dari RPP Kesehatan, Ekosistem Tembakau Beri Penjelasan

Retail sales Indonesia pada periode Januari 2023 terkontraksi minus 0,6 persen year-on-year (yoy), lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang tercatat di level 0,7 persen (yoy).

IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
DPD RI Harap Pengembangan KEK Sorong Mampu Atasi Kesenjangan di Tanah Papua

"Kontraksi tersebut disebabkan oleh seluruh kelompok pembentuknya, kecuali suku cadang dan aksesoris, serta bahan bakar kendaraan bermotor yang tumbuh positif," ujar Ratih.

Namun, kinerja retail sales pada Februari 2023 diperkirakan meningkat, yang tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) bulan Februari 2023 sebesar 205,2. Posisi itu tumbuh 2,6 persen (yoy), dan akan melanjutkan kenaikan pada bulan Maret 2023 dengan didorong momentum Hari Raya Lebaran.

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.761-6.855," ujarnya.

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini. Si antaranya yakni ASSA, PTBA, SRTG.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya