Rupiah Dibuka Menguat ke Level Rp 15.347 per Dolar AS

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Selasa pagi, 21 Maret 2023. Terpantau pukul 09.15 WIB rupiah menguat sebesar 16 poin atau 0,16 persen ke posisi Rp 15.347 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.360 per dolar AS.

Cadangan Devisa RI Maret Turun Jadi US$136,2 Miliar Buat Bayar Utang dan Stabilisasi Rupiah

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.372 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah akan tertekan terhadap dolar AS hari ini. Sebab kemarin, rupiah terpantau sedikit tertekan terhadap dolar AS yang dipicu kekhawatiran pasar terhadap perkembangan krisis perbankan di AS dan Eropa. 

Rupiah Melemah Tertekan Fed Tunda Pangkas Suku Bunga hingga Konflik Timteng Memanas

"Hari ini, pelaku pasar kemungkinan juga masih mencermati perkembangan penanganan krisis perbankan tersebut. Ini mungkin masih bisa memberikan tekanan ke rupiah sebagai aset berisiko karena pasar mencari posisi aman," ujar Ariston kepada VIVA Selasa, 21 Maret 2023. 

Namun menurut Ariston, pergerakan pelemahan bisa tidak terlalu jauh. Hal itu disebabkan karena penanganan krisis perbankan yang sedang dilakukan bisa meredakan kekhawatiran pasar. 

Melemah ke Level Rp 16.058 Per Dolar AS, Ada Harapan Rupiah Menguat Hari Ini

"Apalagi bila tidak ada insiden baru, apalagi ditambah ekspektasi bahwa the Fed mungkin tidak agresif lagi menaikan suku bunga acuannya. Rupiah masih berpotensi menguat," jelasnya. 

Adapaun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini ke arah Rp 15.400. Sedangkan potensi penguatan ke arah Rp 15.330.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya