Peternak Sapi Mulai Petik Cuan Jelang Idul Adha

Peternak sapi. (ilustrasi).
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Jakarta  – Penjualan hewan-hewan kurban terutama sapi meningkat jelang Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji 2023 yang diperkirakan jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Bahkan, seorang peternak sapi dari Gumilang Farm, Sumardi mengaku, penjualan sapi untuk tujuan kurban di tempatnya sudah mulai ramai sejak bulan Ramadhan 1444 H lalu.

Rupiah Anjlok Bikin Harga Moge Harley-Davidson Meroket

"Kalau penjualan sapi saya agak maju atau sedikit lebih cepat, karena sejak dari bulan Ramadan kemarin sudah banyak yang membeli sapi untuk kurban Idul Adha ," kata Sumardi saat dihubungi VIVA Bisnis, Selasa, 13 Juni 2023.

Ilustrasi sapi

Photo :
  • The Human League
Nilai Aset Kripto Terus Berfluktuasi, Sejumlah Faktor Ini Disoroti

Bahkan, Sumardi mengaku sampai saat ini sapi dagangannya sudah terjual 78 persen. Sebab, Gumilang Farm memang menyediakan jasa perawatan sapi dari mulai masa pembelian, hingga siap dikirim ke konsumen jelang Hari Raya Idul Adha. Gumilang Farm memang menyediakan jasa perawatan sapi dari mulai masa pembelian, sampai siap dikirim ke konsumen jelang Hari Raya Idul Adha .

"Ini untuk (penjualan sapi) saya pribadi ya, pandangan subjektif, bukan yang terjadi di pasaran secara umum. Karena kami di sini punya jasa perawatan sapi bagi para pembeli kami," ujarnya.

Harga Pangan Dunia Naik, Jokowi Bersyukur RI Termasuk yang Masih Rendah

Harga Otomatis Tinggi karena Mengikuti Permintaan

Salah seorang peternak sapi di Sanan, Kota Malang.

Photo :
  • VIVA/Uki Rama (Malang)

Sumardi mengaku, harga sapi mendekati Hari Raya Idul Adha otomatis memang akan semakin tinggi, karena hukum demand-supply. Hal itulah yang menyebabkan perbedaan harga yang cukup signifikan, antara harga sapi di hari-hari biasa dengan harga menjelang momentum khusus seperti Idul Adha.

"Harga sapi ukuran normal, dengan berat sekitar 400 kg, di luar Idul Adha itu katakanlah sekitar Rp 20 juta per ekor. Tapi kalau sudah mulai mendekati momentum Idul Adha , satu ekor bisa mencapai Rp 25 juta atau lebih," kata Sumardi.

Secara hitungan per kilo, harga seekor sapi pada kondisi normal dibanderol seharga Rp 50.000 per kg. Namun apabila mendekati Idul Adha, harga per kilonya bisa mencapai Rp 65.000-Rp 75.000 per kilo. Hal itu antara lain disebabkan karena pada hari-hari biasa, harga sapi hanya ditaksir dari dagingnya karena peluang jualnya untuk keperluan jagal (pasar daging harian).

"Namun untuk Lebaran Haji, peluang jual sapi adalah untuk ibadah. Sehingga permintaannya tinggi dan harganya otomatis akan naik karena tidak diukur lagi dengan satuan per kilo daging," ujar Sumardi.

Sapi kurban Jokowi di Surabaya.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Belum lagi untuk sapi-sapi khusus yang berukuran jumbo, di mana harga taksirannya tidak lagi mengikuti satuan harga daging per kilogram. Dengan perawatan, pakan, vitamin, dan berbagai metode yang dilakukan untuk tetap menjaga kualitas sapi tetap fit dan prima, harga sapi jumbo diakui Sumardi sangat berbeda jauh dengan harga sapi ukuran normal.

“Karena perawatan sapi jumbo itu kita harus perhatikan kalsiumnya, mineralnya, dan lain sebagainya. Jadi kalau harga sapi jumbo di kondisi normal itu sekitar Rp 50-Rp 60 juta per ekor, maka menjelang Idul Adha harganya bisa Rp 100 juta per ekor atau bahkan lebih ," kata Sumardi.

“Selain langka, karena tidak semua peternak memelihara sapi jumbo, dijualnya pun tidak mudah. Padahal biaya perawatan dan risikonya juga tinggi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya