Rangkul UMKM Sektor Pertanian dan Perikanan, PAN Dorong Ekonomi Daerah

Ekspor hasil perikanan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saiful Bahri

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) terus konsisten merangkul para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah untuk bisa menggerakkan roda ekonomi sehingga perekonomian daerah mengalami peningkatan.

Pelaku UMKM Resah soal Zonasi Larangan Penjualan Rokok di RPP Kesehatan, Terancam Merugi

Hal itu dikemukakan Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI fraksi PAN Alimin Abdullah.

Dia mendorong agar pelaku UMKM memaksimalkan sektor perikanan dan pertanian. Salah satu daerah yang menjadi perhatian PAN adalah Desa Surakarta, Lampung Utara.

MK Tolak Gugatan PDIP soal Suara Direbut PAN di Dapil Jawa Barat

Ilustrasi lahan pertanian.

Photo :

"Saya masyarakat Abung Timur, khususnya masyarakat Desa Surakarta untuk lebih cerdas menentukan suatu keputusan dalam berusaha, baik itu usaha di sektor pertanian atau perikanan," ujar Alimin, Kamis, 15 Juni 2023.

Istimewanya 'Golden Visa'

Menurut anggota DPR dari Dapil Lampung 2 ini,  PAN merangkul para pelaku UMKM di daerah untuk bisa menggerakkan roda ekonomi dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA), seperti dari sektor pertanian dan perikanan. Agar mendapatkan hasil maksimal dan berkelanjutan  PAN mendorong agar pengelolaan pertanian, perikanan dan perkebunan sesuai dengan prinsip menjaga kelestarian alam.

Di samping itu, PAN juga mendorong agar para pelaku UMKM hasil tani dan perikanan memanfaatkan digitalisasi yang tengah berkembang saat ini. Mengingat banyak kemudahan yang bisa diraih oleh para pelaku UMKM dengan memanfaatkan digitalisasi.

Adapun manfaatnya seperti jaringan pemasaran lebih luas, minim biaya, proses transaksi mudah, dan pendapatan usah berpotensi meningkat. Tak hanya itu, menurut dia, PAN juga mendorong agar sektor UMKM masyarakat berkembang dengan bantuan modal.

Menurut dia, hal itu agar sektor UMKM dapat berkembang sesuai yang diinginkan oleh masyarakat sehingga berdampak terhadap pergerakan ekonomi daerah dan negara. Bantuan modal ini juga mencakup ke dalam sektor UMKM pertanian dan perikanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya