Rupiah Melemah Pagi Ini, Angin Segar Pasar Asia Bisa Dorong Penguatan

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta -  Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Senin pagi, 26 Juni 2023. Terpantau pukul 09.25 WIB rupiah melemah sebesar 20 poin atau 0,16 persen ke posisi Rp 15.018 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 14.998 per dolar AS.

Talangi Gaji Karyawan Indofarma hingga Ratusan Miliar, Keuangan Bio Farma Ikutan 'Oleng'

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, mematok rupiah di angka Rp 14.998 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan menguat pada hari ini. Hal itu didorong oleh sentimen pasar yang positif pagi ini.

Volume Perdagangan Meroket 139,1 Persen, Aset Kripto Ini Jadi Daya Tarik Baru Bagi Investor

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

"Indeks saham Asia terlihat bergerak menguat. Ini mungkin bisa mendorong penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini," kata Ariston kepada VIVA Senin, 26 Juni 2023.

MIND ID Maksimalkan Peran Indometal Perkuat Nilai Komoditas Tambang RI di Pasar Global

Namun di sisi lain jelas Ariston, pasar masih mewaspadai kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) atau the Fed pada Juli mendatang.

Rupiah Melemah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

"Pasar masih mewaspadai potensi kenaikan suku bunga acuan AS di Juli dan kenaikan suku bunga acuan di negara lain yang bisa menekan pertumbuhan ekonomi global," jelasnya.

Adapun untuk hari ini, mata uang rupiah terhadap dolar AS berpotensi menguat ke arah Rp 14.950. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp 15.030.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya