Genjot Transformasi, Kemenperin Kembangan SDM Industri Melalui PIDI 4.0

Kepala BPSDMI Kemenperin, Masrokhan
Sumber :
  • Kemenperin

Jakarta - Kementerian Perindustrian membangun Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0), sebagai bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri yang berada di bawah Kementerian Perindustrian.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Masrokhan mengatakan, PIDI 4.0 dibangun untuk membantu industri di Indonesia, dalam bertransformasi menuju industri 4.0. 

"PIDI 4.0 merupakan bagian dari salah satu program prioritas nasional, yakni Making Indonesia 4.0, yang diluncurkan Presiden Jokowi tahun 2018. Melalui Making Indonesia 4.0, Indonesia berpotensi menjadi negara di 10 ekonomi teratas dunia pada tahun 2030," kata Masrokhan dalam keterangannya, Jumat, 7 Juli 2023.

IPA Convex 2024 Maksimalkan Potensi Indonesia Jadi CCS Hub di Asia

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Masrokhan menegaskan bahwa PIDI 4.0 dibangun dengan visi untuk menjadi solusi satu atap, dalam pengadopsian industri 4.0 di Indonesia dan menjadi jendela Indonesia 4.0 untuk dunia.

PIDI 4.0 pun dapat dikunjungi oleh masyarakat dan terbuka untuk berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pelaku industri, Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga masyarakat umum. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa mengenal teknologi industri 4.0, sehingga bisa lebih siap dalam menghadapi era 4.0.

Jokowi Semringah Resmikan Balai Terbesar se-Asia Tenggara di Depok

"Tantangan ke depan tidak hanya cukup dengan menghasilkan SDM yang kompeten saja, namun SDM yang sudah tidak gagap dengan transformasi teknologi 4.0. PIDI 4.0 dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi transformasi tersebut," ujarnya.

Diketahui, Gedung PIDI 4.0 yang berlokasi di Jl. Raya Kebayoran Lama No.41, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dibuka pada hari kerja (Senin-Jumat) pukul 09.00 - 16.00 WIB. Sebelum melakukan kunjungan, calon pengunjung diharapkan untuk menghubungi kanal resmi PIDI 4.0, baik melalui telepon maupun e-mail.

PIDI 4.0 memiliki showcase center yang menunjukkan miniatur penerapan teknologi 4.0 pada industri. PIDI 4.0 telah bekerja sama dengan Toyota Indonesia, dalam menyediakan showcase miniatur pabrik otomotif dari order customization, design, produksi, hingga monitoring. 

PIDI 4.0 juga bekerja sama dengan Indolakto dalam prototype UHT dan ice cream machine. Proses pembuatan susu UHT dan es krim memanfaatkan teknologi industri 4.0, sehingga lebih efektif dan efisien.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya