Luhut Ditunjuk Jokowi Jadi Ketua Satgas Hilirisasi RI-Papua Nugini

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan diberi kepercayaan baru untuk menjadi Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Hilirisasi Republik Indonesia dan Papua Nugini. Tugas baru itu diamanatkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

Hal tersebut diungkapkan Luhut melalui unggahan di sosial media instagram pribadinya. Dalam unggahan itu, diketahui Luhut juga sempat ikut menemani Jokowi ketika melawat ke Papua Nugini beberapa waktu lalu.

"Presiden (Jokowi) menekankan untuk membuat kerja sama. Presiden segera dengan Prime Minister (PM Papua Nugini James Marape) sepakat membuat task force, di mana task force dari Indonesia, Presiden menunjuk saya jadi ketuanya. Kemudian, dari PNG ditunjuk Prime Ministernya itu, Deputi Prime Minister Pak John (John Rosso)," kata Luhut dikutip Minggu, 9 Juli 2023.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalaman dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG), James Marape.

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Luhut pun menjelaskan bahwa Satgas Hilirisasi Indonesia dengan Papua Nugini akan mempercepat kerja sama kedua negara itu dalam mengolah bahan mentah. Bahkan, Deputi PM Papua Nugini John Rosso akan segera hadir melawat kembali ke Indonesia guna merundingkan lebih jauh kerja sama ini.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

"Ini saling menguntungkan. Kemiskinan di PNG (Papua Nugini) akan banyak dikurangi karena dari 9 juta penduduk, 2,5 juta orang dalam kemiskinan. Angkanya tinggi sekali. Dan mereka memahami bahwa Indonesia sekarang sangat maju," kata Luhut.

Luhut: Hilirisasi Adalah Legacy Terbaik Presiden Jokowi

Luhut juga menjelaskan bahwa program hilirisasi mineral Indonesia merupakan program terbaik Presiden Jokowi. Maka dari itu, Luhut mengajak anak muda untuk memiliki semangat juang yang sama dengan Jokowi.

"Mungkin di mata negara-negara maju dan institusi internasional, program hilirisasi mineral Indonesia tidak berarti apa-apa. Tetapi bagi saya, inilah legacy terbaik dari Presiden Joko Widodo yang diberikan untuk generasi penerus bangsa dalam 20 atau bahkan 50 tahun ke depan. Saya ingin anak-anak muda Indonesia punya semangat untuk tidak gentar terhadap semua tekanan yang diberikan kepada bangsamu," ucap dia.

"Ambillah teladan baik dari Presiden Joko Widodo tentang bagaimana seorang pemimpin harus punya pendirian yang teguh, bahwa selama apa yang engkau kerjakan itu bermanfaat untuk kemajuan rakyat dan bangsamu, you're on the right track. Jangan pernah menyerahkan nasib masa depan bangsa kita kepada negara lain," lanjut Luhut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya