IHSG Dibayangi Perlambatan Kredit Perbankan, Intip Rekomendasi Saham

Ilustrasi papan saham IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 3 poin atau 0,04 persen di level 6.945, pada pembukaan perdagangan Kamis, 27 Juli 2023.

Luncurkan Peta Jalan BPR/BPRS, OJK Tegaskan Pemegang Saham Cuman Boleh Punya Satu BPR

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Ratih dalam riset hariannya, Kamis, 27 Juli 2023.

DPR Sudah Kantongi Nama Calon Deputi Gubernur Senior BI, Pekan Depan Seleksi

Bank Indonesia (BI) merilis laju pertumbuhan kredit perbankan kembali mengalami perlambatan di periode Juni 2023. Hal itu bahkan menjadi pertumbuhan paling lambat di sepanjang tahun ini.

IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Dibuka Melemah, IHSG Berpotensi Balik Menghijau Ditopang Faktor Ini

"BI mencatat kredit perbankan pada Juni 2023 hanya tumbuh sebesar 7,76 persen secara tahunan (yoy). Gubernur BI, Perry Warjiyo, menambahkan bahwa perlambatan itu terjadi karena menurunnya permintaan kredit dari dunia usaha," ujar Ratih.

Namun, pembiayaan syariah tumbuh lebih tinggi di level 17,09 persen (yoy) pada Juni 2023. BI memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2023 berada dalam kisaran 9-11 persen.

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni MIKA, BRMS, ISAT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya