Saham Waskita Karya 'Hilang' dari Indeks BUMN 20, Ini Penyebabnya

Gedung Waskita Karya
Sumber :
  • Dok. Waskita

JakartaSaham BUMN Karya milik PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan kode "WSKT", dilaporkan telah tersingkir dari indeks IDX BUMN 20. Indeks itu diketahui berisi kumpulan saham-saham BUMN pilihan.

OJK Cabut Izin Usaha TaniFund Lantaran Tak Penuhi Ketentuan Ekuitas dan Rekomendasi Pengawasan

Melalui surat edaran Bursa Efek Indonesia (BEI), dijelaskan bahwa dengan terdepaknya saham WSKT itu maka posisinya pun akhirnya digantikan oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk dengan kode "JKON".

"Periode efektif indeks baru berlaku pada 3 Agustus 2023 hingga 2 Februari 2024," sebagaimana dinyatakan dalam surat edaran BEI, dikutip Senin, 31 Juli 2023.

Chandra Asri Pacific Tbk Bagikan Dividen Tunai US$30 Juta

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3, yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
Diketahui, saat ini saham "WSKT" tengah mengalami suspensi oleh BEI selaku pihak regulator. Hal itu sebagai akibat dari tertundanya pembayaran bunga ke-11 obligasi berkelanjutan IV.
BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

Hal itu mengacu surat PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) No. KSEI-1184/DIR/0523 tanggal 5 Mei 2023, terkait Penundaan Pembayaran Bunga Ke-11 Obligasi Berkelanjutan IV Waskita Karya Tahap I Tahun 2020 (WSKT04CN1).

Karenanya, pihak BEI pun juga telah meminta kepada seluruh pihak yang berkepentingan, untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh pihak manajemen Waskita Karya.

Setelah saham Waskita Karya terdepak dari indeks BUMN 20, berikut adalah daftar saham yang berada dalam jajaran indeks IDX BUMN 20:

- ADHI

- AGRO

- ANTM

- BBNI

- BBRI

- BBTN

- BJBR

- BMRI

- BRIS

- ELSA

- JKON

- JSMR

- MTEL

- PGAS

- PTBA

- PTPP

- SMGR

- TINS

- TLKM

- WIKA

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya