Ini Pesan Pengusaha untuk Presiden Berikutnya

Shinta Widjaja Kamdani .
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta, agar iklim usaha semakin kondusif pada masa kepemimpinan presiden berikutnya. 

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

"Sebenarnya kan kita mau yang tadi saya katakan, kita mau iklim usaha yang kondusif. Tentu saja kebijakan ini harus kebijakan yang bisa membantu pengembangan dari segi ekonomi," kata Ketua Umum Apindo, Shinta Widjaja Kamdani di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin, 31 Juli 2023. 

Shinta mengatakan, memang saat ini Pemerintah sudah banyak memberikan perizinan dan regulasi. Namun, dalam hal implementasi masih memiliki tantangan yang besar. 

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Ketua Umum Apindo dan juga CEO Sintesa Group Shinta Widjaja Kamdani .

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

"Regulasi, perizinan, ini memang, sudah banyak dilakukan Pemerintah dan sudah baik. Tapi implementasinya masih banyak, tantangannya masih besar,  jadi ini yang mesti kita perhatikan," jelasnya. 

Apindo Usul di Kabinet Prabowo-Gibran Ada Kementerian Perumahan dan Perkotaan

Shinta berpandangan, jika regulasi dan perizinan kepada pengusaha masih belum optimal di lapangan. Ke depannya akan menjadi momok. 

"Karena ini akan juga sulit untuk usaha berjalan, jadi ini mungkin yang harus jadi perhatian. Jadi Pemerintah sebetulnya arahnya sudah benar, reformasi struktural yang dilakukan melalui UU Cipta Kerja luar biasa, cuma kita harus mengawal dari segi implementasinya dan ini yang sedang kita lakukan bersama-sama dengan Pemerintah," kata dia. 

Shinta melanjutkan,  untuk masa kepemimpinan presiden berikutnya masih banyak kebijakan yang perlu dilanjutkan, dari yang sudah ada saat ini. Salah satunya, terkait hilirisasi. 

"Kita lihat kebijakan ini beraneka ragam, tergantung dari sektor apa dan seperti apa. Jadi kalau kebijakan-kebijakan yang berkaitan misalnya dengan yang hubungannya sekarang Pemerintah mau ke arah hilirisasi ya itu harus kita dukung, dan itu memang bermanfaat," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya