Sebut IKN Jadi Proyek Terbesar di Dunia saat Ini, Jokowi Tegaskan Lahannya Tak Ada yang Gratis

Presiden Joko Widodo menghadiri Munai REI 2023.
Sumber :
  • Antara.

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa proyek terbesar yang ada di dunia saat ini adalah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Apalagi Jokowi menuturkan, dengan pembangunan IKN, secara tidak langsung Pemerintah Indonesia berani membuka sentra-sentra ekonomi baru di luar pulau Jawa.

"Di dunia sekarang ini proyek terbesar yang ada itu hanya satu di Indonesia yang namanya Ibu Kota Negara Nusantara,” kata Jokowi saat menghadiri Musyawarah Nasional Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) 2023 di Jakarta, Rabu.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Reforestasi IKN.

Photo :
  • Dokumentasi MIND ID.

Dia pun menjabarkan, saat ini terdapat 34.000 hektare lahan di IKN yang sudah bisa dibeli. Puluhan ribu hektare lahan itu, dapat dimiliki dengan dibeli bukan diperoleh gratis.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

“(Sebanyak) 34 ribu hektare lahan sudah bisa dibeli. Enggak ada gratisan di sana. Harganya berapa? tanya ke pak Kepala Otorita IKN. ini peluang, ini peluang,” kata Jokowi dalam forum itu.

Lebih lanjut, Jokowi pun meminta REI untuk memperkuat kolaborasi dengan Pemerintah. Kepala Negara mengingatkan agar pembangunan rumah atau jenis properti lainnya harus memperhatikan dampak sosial dan lingkungan.

“Ini penting. Jangan sampai setelah ada pembangunan sebuah kawasan perumahan, misalnya kampung di dekatnya, air sumurnya kering, area kampungnya jadi banjir. Tolong betul-betul dilihat hal-hal, sampahnya juga tolong disiapkan di kawasan-kawasan perumahan,” tutupnya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya