Garap Proyek Sistem Pengendalian Lalu Lintas di Solo, TKDN Pakai Teknologi AI

Lampu merah (traffic light)
Sumber :
  • Dok, Polda Metro Jaya

Jakarta – PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk menyematkan teknologi canggih berupa sistem pengendalian lalu lintas cerdas atau Intelligent Traffic Control System (ITCS) di Solo, Jawa tengah. Teknologi itu, dapat membantu mengurai tingkat kemacetan lalu lintas di persimpangan Solo.

Gibran Bakal Perkuat Regulasi demi Kurangi Dampak Negatif Kekerasan Game Online bagi Anak

Direktur Utama PT TKDN David Santoso mengatakan sistem ITCS saat ini telah terpasang di dua simpang Kota Solo, yaitu Simpang Tugu Wisnu Manahan dan Simpang Sumber Girimulyo.

Dia menjelaskan, sistem yang dipasang tersebut telah diuji dan mendapatkan sertifikasi Verifikasi, Validasi & Evaluasi (VV&E) oleh Intelligent Transportation System Association of Indonesia (ITS Indonesia) yang merupakan organisasi independen yang mewakili ITS Asia Pacific Forum dan ITS World Community.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Kinclong, Kinerja Bank Papan Atas Siapa yang Jadi Juara?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Tangkapan layar Twitter

"Dengan adanya sertifikasi VV&E ini, PT TKDN terbukti telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan mampu menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas di Indonesia," jelas David dikutip dari keterangannya, Selasa, 22 Agustus 2023.

Ganjar Deklarasi Oposisi, Gibran: Enggak Apa-apa

Sebagai smart city enabler di Indonesia, PT TKDN memanfaatkan teknologi AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 dan teknologi AI Predictive Modelling dalam sistem ITCS ini.

Dia memaparkan, sistem secara otomatis akan mendeteksi jika kondisi di simpang terpantau padat dan membutuhkan lampu hijau lebih panjang. Atau, jika salah satu simpang memiliki tingkat kepadatan lebih tinggi agar mendapat lampu hijau lebih lama serta mempercepat lampu merah di simpang lainnya secara realtime.

Tidak hanya itu, sistem ITCS juga dapat mendeteksi transportasi umum seperti bus atau angkutan perkotaan agar mendapat prioritas lampu hijau ketika melewati persimpangan yang disebut fitur bus priority.

"Kami siap berkomitmen untuk terus mengembangkan sistem pengendalian lalu lintas yang lebih modern dan efisien dengan memanfaatkan teknologi terkini sehingga dapat mendukung konsep smart city di kota-kota besar Indonesia," tutur David.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi perkembangan sistem pengendalian lalu lintas cerdas (ITCS) yang dipasang PT TKDN. Menurut Gibran, penggunaan teknologi dalam sistem ini sangat membantu mengurai tingkat kemacetan lalu lintas di persimpangan.

"Penerapan teknologi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas ini sangat baik dilakukan sehingga dapat mendorong masyarakat untuk bermobilisasi menggunakan transportasi publik," ujar Gibran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya