Berlakukan WFA Permanen, FishLog Sebut Tak Hanya Bisa Genjot Produktivitas Karyawan

FishLog.
Sumber :
  • Dokumentasi Fishlog.

Jakarta – Publik kembali diramaikan soal wacana Work From Home (WFH) sebagaimana yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta terhadap para ASN-nya. Hal itu dilakukan guna menekan polusi di Jakarta.

Rugikan Perusahaan Singapura Rp32 Miliar, Sindikat Manipulasi Data Email Dicokok

Perusahaan teknologi di industri perikanan, FishLog, justru bakal menerapkan program Work From Anywhere (WFA) secara permanen bagi seluruh karyawannya.

Chief Executive Officer (CEO) dan Co-Founder FishLog, Bayu Anggara mengatakan, sejak tahun 2020 FishLog telah memperkenalkan konsep WFA, sebagai bagian integral dari budaya perusahaan jauh sebelum isu polusi di Jakarta menjadi keprihatinan utama.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

"Dengan penerapan WFA yang menyeluruh, FishLog menghadirkan kenyamanan dan fleksibilitas bagi karyawan perusahaan, yang saat ini berjumlah lebih dari 170 orang dalam menjalankan tugas-tugas tanpa harus terdampak oleh kondisi polusi," kata Bayu dalam keterangannya, Selasa, 22 Agustus 2023.

Work from home (WFH).

Photo :
  • Pixabay
Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Dia mengatakan, isu polusi udara yang semakin parah di Jakarta dan sekitarnya, telah menyebabkan sejumlah perusahaan mempertimbangkan kembali model WFA. Meskipun FishLog berkantor pusat di kawasan Bogor, Bayu memastikan bahwa perusahaannya secara luas dan jangka panjang telah memperhitungkan karyawan yang berasal dari berbagai wilayah lain seperti Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang.

"Dari program WFA ini, FishLog ingin menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan sehat, serta berharap dapat mendukung pemerintah dalam mengurangi tingginya polusi udara saat ini," ujarnya.

Bayu menambahkan, program WFA telah diterapkan FishLog, sebagai bagian penting dari pola kerja perusahaan dan menjadi salah satu pilar dalam strategi pengembangan dan pertumbuhan bisnisnya.

Dia berpendapat, WFA memungkinkan karyawan untuk bekerja secara lebih fleksibel, dari lokasi pilihan mereka. Hal ini juga sejalan dengan lokasi bisnis FishLog yang tersebar di lebih dari 45 titik di Indonesia, sehingga mereka pun telah terbiasa untuk bekerja dari mana saja.

Penerapan konsep ini menjadi permanen bagi seluruh karyawan, dengan harapan dapat semakin membangun lingkungan kerja yang nyaman dan produktif, serta menjadi kontribusi positif baik terhadap pertumbuhan bisnis, karyawan secara individu, dan lingkungan sekitar.

Hingga saat ini, lanjut Bayu, FishLog telah mengalami pertumbuhan yang positif dalam bisnisnya. Perusahaan terus fokus pada pengembangan layanan bisnis, serta perluasan ke pasar internasional. Bayu menjelaskan, langkah inovatif melalui model kerja WFA ini, telah terbukti membawa dampak baik bagi karyawan Fishlog yang juga hadir di Amerika Serikat.

"Kami yakin bahwa fleksibilitas bekerja dari mana saja dan kapan saja tidak hanya meningkatkan produktivitas karyawan, tetapi juga membuka peluang baru dalam pengembangan bisnis kami di berbagai pasar global," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya