Resmi Gabung ke Sistem Pembayaran ASEAN, Jajan di Vietnam Kini Bisa Pakai QRIS?

QRIS
Sumber :
  • BI.go.id

Jakarta – State Bank of Vietnam (SBV) telah menyatakan komitmennya untuk memperkuat Konektivitas Pembayaran Regional (Regional Payment Connectivity/RPC). Sehingga dengan itu, nantinya turis atau pebisnis Indonesia yang melancong ke negara tersebut bisa melakukan transaksi pembayaran salah satunya QRIS.

Bank Indonesia: Modal Asing Masuk Rp 22,84 Triliun Imbas Kenaikan Suku Bunga

Komitmen Vietnam itu ditandai dengan nota kesepahaman dengan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, di sela-sela Pertemuan Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan ASEAN pada 25 Agustus 2023.

Transaksi non tunai menggunakan QRIS BNI Mobile Banking

Photo :
  • BNI
BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

"Kami gembira bahwa Bank Negara Vietnam menandatangani halaman tambahan MOU RPC untuk secara simbolis menandai partisipasi SBV dalam inisiatif RPC," kata Perry di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023.

Perry mengatakan, selain Vietnam yang telah menyatakan komitmenya untuk masuk kedalam RPC. Bank Sentral Brunei Darussalam (BDCB) juga menyatakan keinginanya untuk bergabung.

J Trust Bank Cetak Laba Bersih Rp 44 Miliar pada Kuartal I-2024

"Kami berterima kasih kepada Bank Sentral Brunei Darussalam (BDCB), dan Bank Negara Vietnam (SBV) yang telah secara resmi menyatakan niatnya untuk bergabung dengan RPC dengan mengirimkan Letter of Intention," ujarnya.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Adapun dengan bergabungnya Vietnam pada kerja sama konektivitas sistem pembayaran kawasan. Maka jumlah partisipan bertambah dari lima lima negara menjadi enam negara. Itu di antaranya, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

"Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi pascapandemi dan memfasilitasi kegiatan ekonomi masyarakat ASEAN, termasuk pada sektor pariwisata dan jasa lainnya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya