Operasional LRT Jabodebek Disubsidi Pemerintah, Sri Mulyani Minta Masyarakat Rawat Bersama

Presiden Joko Widodo meresmikan Lintas Raya Terpadu Jakarta - Bogor - Depok - Bekasi (LRT) Jabodebek di Stasiun LRT Cawang, Jakarta, Senin, 28 Agustus 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa kas negara akan selalu siap dalam menyokong berbagai bentuk investasi, terkait pembangunan moda transportasi massal di berbagai wilayah di Tanah Air.

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

Hal itu diungkapkannya, saat menjajal LRT Jabodebek mendampingi Presiden Jokowi sebelum meresmikannya di Stasiun LRT Cawang pada hari ini, Senin, 28 Agustus 2023.

"APBN dan keuangan negara terus akan mendukung dalam berbagai bentuk investasi, baik melalui BUMN seperti PT KAI maupun melalui transfer ke pemerintah daerah," kata Sri Mulyani sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 28 Agustus 2023.

Utang Pemerintah Maret 2024 Turun Jadi Rp 8.262 Triliun, Begini Rinciannya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan sejumlah menteri saat menjajal LRT Jabodebek.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Bahkan, lanjut Sri Mulyani, penerapan tarif dari moda-moda transportasi yang pembangunannya didukung oleh Pemerintah, sebagaimana LRT Jabodebek ini, juga turut didukung melalui pemberian subsidi pada tarif yang diberlakukan.

Sri Mulyani, Andika Perkasa, dan Risma Masuk Bursa Cagub PDIP DKI

"Bahkan (dukungan diberikan) kepada para pengguna, karena tarifnya sering juga masih dalam tarif yang disubsidi," ujarnya.

Karenanya, dengan dukungan dari kas negara terhadap pembangunan moda transportasi massal semacam ini, Menkeu berharap hal ini akan membuat Indonesia semakin maju.

"Namun juga pada saat yang sama, kita juga harus menjaganya bersama-sama," kata Menkeu.

Dia berpendapat, moda transportasi massal yang canggih dan modern semacam ini ke depannya juga harus terus dikembangkan, baik di Jakarta dan wilayah sekitarnya, maupun di kota-kota lainnya di Indonesia.

"Jakarta sebagai metropolitan dengan penduduk yang sangat besar dan daerah sekitarnya, ya beberapa daerah seperti Bogor, Tangerang, dan Bekasi, yang semuanya memiliki kepadatan dan mobilitas penduduk yang sangat tinggi, maka infrastruktur seperti transportasi massal itu menjadi suatu keharusan dan kebutuhan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya