Rupiah Melemah Lagi Pagi Ini ke Rp 15.275 per Dolar AS

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Selasa pagi, 29 Agustus 2023. Rupiah melemah sebesar 5 poin atau 0,12 persen ke posisi Rp 15.275 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.270 per dolar AS.

Nilai Tukar Rupiah Melemah Bikin Harga Motor Yamaha Ikut Naik?

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.294 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup melemah pada hari ini. Menurutnya, hal itu sejalan dengan perkiraan Bank Indonesia (BI) bahwa pertumbuhan ekonomi kuartal III-2023 akan sedikit melambat.

Cadangan Devisa RI Maret Turun Jadi US$136,2 Miliar Buat Bayar Utang dan Stabilisasi Rupiah

"Pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2023 mungkin akan berada antara 5,11 persen yoy hingga 5,15 persen yoy. Ini sedikit lebih rendah daripada pertumbuhan ekonomi yang tercapai pada kuartal kedua 2023 sebesar 5,17 persen yoy," kata Ibrahim dalam keterangannya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Rupiah Melemah Tertekan Fed Tunda Pangkas Suku Bunga hingga Konflik Timteng Memanas

Meskipun melambat, Ariston menilai pertumbuhan ini masih di tingkat yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya faktor musiman yang mendukung, seperti perayaan hari raya, seperti yang terjadi pada kuartal kedua 2023.

Dia menuturkan, pertumbuhan itu juga akan tetap kuat yang didukung oleh perkembangan beberapa indikator awal, seperti penjualan eceran, Indeks Manufaktur (PMI), dan harapan pendapatan.

Adapun Indeks Penjualan Ritel (IPR) pada Juli 2023 mencapai 212,7, atau tumbuh sebesar 6,3 persen yoy. Meski begitu, secara bulanan mengalami penurunan sebesar 4,6 persen mom.

"Mata uang rupiah fluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp 15.270-Rp 15.350," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya