Dekayu Buka-bukaan Rahasia Produk Sampai Jadi Langganan Ratusan Perusahaan hingga Pemerintahan

Dekayu.
Sumber :
  • Dokumentasi Dekayu.

Jakarta – Besarnya potensi budaya Indonesia adalah anugerah yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Khususnya yang berada di daerah sehingga pada akhirnya dapat bantu menggenjot perekonomian nasional.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

Hal itu dibuktikan salah satunya dari keanekaragaman kerajinan tradisional Yogyakarta, muncul sebuah ide sederhana yang telah tumbuh menjadi Dekayu. Sebuah inisiatif yang menghasilkan produk kerajinan kayu dengan nilai dekoratif dan fungsi.

Yaniar Fernanda, pendiri Dekayu mengungkapkan, pihaknya menerapkan misi kuat untuk menciptakan produk kerajinan yang tidak hanya indah dipandang. Tetapi juga praktis untuk penggunaan sehari-hari.

Perkuat Sinergi dan Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai Jalin Koordinasi dengan Pemerintah Daerah

"Kami memulai perjalanan ini dengan visi yang jelas menghadirkan nilai fungsional dalam setiap karya seni kerajinan," ungkap Yaniar dikutip dari keterangannya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Ilustrasi Bisnis UMKM.

Photo :
  • Dok. Istimewa
Perajin di Bantul Ini Ubah Limbah Jadi Kerajinan Logam Beromset Ratusan Juta Per Bulan

Dia mengatakan, produk pertama yang diperkenalkan oleh Dekayu adalah tatakan multifungsi, atau lebih dikenal sebagai coaster. Tatakan ini tidak hanya melengkapi meja saat menyajikan makanan, tetapi juga menjadi elemen pendukung dalam fotografi.

Proses produksi Dekayu melibatkan kolaborasi dengan para pengrajin kayu lokal di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Perkenalan produk ini dilakukan melalui platform digital dengan memanfaatkan media sosial, terutama Instagram. Dengan menjaga standar kualitas yang ketat, Dekayu kemudian mengembangkan kategori produknya menjadi Wooden Craft & Gift.

"Kami percaya bahwa kerajinan tidak hanya harus menjadi hiasan semata, tetapi juga dapat memberikan manfaat nyata dalam rutinitas sehari-hari," tambahnya.

Sejak tahun 2017, Dekayu telah mengikuti perkembangan tren sambil menghadapi tantangan bisnis, termasuk dampak dari pandemi pada tahun 2020. Namun, Dekayu berhasil bertahan dan bahkan mampu menghasilkan produk baru seperti Hampers, Kado, dan Gift. Sambil tetap fokus pada pengembangan produk, Dekayu berhasil mengatasi kendala dengan memperluas distribusi secara online dan offline.

Hingga saat ini, Hampers dari Dekayu telah diantar ke seluruh penjuru Indonesia, menjadi pilihan utama dalam gifting personal, perusahaan, hingga instansi Pemerintahan. Lebih dari 500 institusi profesional, merek ternama, dan pemerintah telah mempercayakan Hampers Dekayu sebagai simbol dari beragam kebutuhan souvenir dan merchandise.

Dekayu kini mendukung perkembangan produk lokal di masyarakat serta mendorong rasa bangga akan produk-produk unggulan Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk terus menjadi bagian dari perjalanan mengangkat kebanggaan akan produk lokal Indonesia, dan melanjutkan karya kami dalam menciptakan kerajinan kayu yang bernilai dan bermakna," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya