Sri Mulyani Tegaskan Bakal Tindak Aparat Pajak yang Nakal

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berjanji, akan menindak tegas para aparat pajak yang 'nakal'. Hal itu dilakukan sebagai perbaikan dalam tata pelaksanaan pajak.

DPR Sindir Kenaikan UKT di Sejumlah PTN Menyesuaikan Harga Cabai dan Telur

"Kita juga akan terus perbaiki tata laksana pajak kita termasuk melakukan tindakan tegas kepada aparat pajak yang tidak baik," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di DPR RI, Jakarta Kamis, 21 September 2023.

Ilustrasi pajak.

Photo :
  • Freepik
Melek Pajak Ditegaskan Dapat Optimalkan Pengelolaan Keuangan

Sri Mulyani membantah bahwa penerimaan pajak pada Agustus menurun. Menurutnya, penerimaan pajak masih tumbuh sebesar 6,4 persen secara year on year (yoy). Tercatat penerimaan pajak pada Agustus 2023 sebesar mencapai Rp 1.246,97 triliun, jumlah itu sudah 72,58 persen dari target 2023 yang sebesar Rp 1.718 triliun.

Meskipun jelasnya, pada penerimaan pajak dari sisi kepabean dan cukai menurun. Hal tersebut disebabkan oleh program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan hilirisasi di dalam negeri.

Anggota DPR Soroti Tragedi Warga Bubarkan Mahasiswa Katolik saat Ibadah Doa Rosario di Tangsel

"Jadi strategi kita untuk terus menjaga target penerimaan kita tahun ini kita lakukan dengan terus melakukan perbaikan dari sisi kebijakan perpajakan," jelasnya.

Menurut Sri Mulyani, perbaikan pada sisi perpajakan perlu dilakukan. Hal itu salah satunya untuk menjaga masyarakat lemah.

"Kita tetap mendukung untuk menjaga terutama masyarakat yang lemah namun juga akan melakukan enforcement terutama sesudah adanya program Tax Amnesty dan pengungkapan sukarela," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya