Ferizy Buktikan Suksesnya Transformasi dan Digitalisasi ASDP, Ini Kata Erick Thohir

Menteri BUMN RI, Erick Thohir
Sumber :
  • PNM

Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), menegaskan komitmen dalam melakukan transformasi, dan berhasil mewujudkannya melalui program digitalisasi penyeberangan yang dikebut oleh pihak perusahaan. Dimana salah satunya dilakukan melalui digital system pada online ticketing Ferizy.

20 Ribu Lebih Tiket Whoosh Ludes Terjual pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Menteri BUMN, Erick Thohir, memberikan dukungan penuh serta apresiasi terhadap penerapan digital system, pada online ticketing Ferizy milik ASDP tersebut.

"Transformasi yang diterapkan sejumlah BUMN mampu menaikkan revenue secara akumulasi dan pencapaian net income total seluruh BUMN yang menyamai tahun lalu. Padahal situasi kala itu masih pandemi. Hal itu patut kita syukuri," kata Erick dalam keterangannya, Kamis, 5 Oktober 2023.

Klub Milik Anindya Bakrie dan Erick Thohir Lolos ke Final Promosi Championships

Dia menyampaikan, ASDP menjadi salah satu BUMN yang dipandang berkinerja baik dalam 2 tahun terakhir, dan melakukan transformasi bisnis sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Erick memastikan, bahwa BUMN menjalankan 5 program prioritas utama, yang telah dipaparkan kepada seluruh jajaran BUMN. Yakni transformasi, penerapan core value dengan AKHLAK sebagai kunci, rekstrukturisasi bisnis, pengembangan digital dan peningkatan investasi. 

15 Tim Ini Kantongi Tiket ke Olimpiade 2024, Tinggal Tunggu Hasil Timnas Indonesia Vs Guinea

"Pengembangan digital tidak kalah penting apalagi di era disrupsi saat ini menuju teknologi yang semakin canggih dan modern, dan contohnya kita akan terus mendorong teknologi 5G," ujarnya.

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi mengatakan, perjalanan transformasi pada reservasi online ticketing ini telah menghasilkan total lebih dari 1,6 juta pengguna, sejak pertama kali diluncurkan tahun 2020.

"ASDP berhasil menerapkan inisiatif transformasi digital, mengubah secara signifikan pengalaman penyeberangan laut menjadi lebih modern melalui sistem E-Ticketing Ferizy," kata Ira.

Pada Agustus 2018, sebelum menggunakan sistem Ferizy, ASDP memulai perjalanan digitalisasi dari segi pelayanan dengan penerapan prepaid card (cashless) pada mesin EDC. Selanjutnya, pada Juni 2019, pengguna jasa dapat membeli tiket di loket pelabuhan dan/vending machine. Data manifest diisi dengan menggunakan E-KTP reader dan/ passport reader.

"Dan pada Mei 2020, masyarakat yang ingin menyeberang dari pulau Jawa ke Sumatera dapat membeli tiket di mana pun dan kapan pun melalui Web & Apps Ferizy, atau melalui Sales Channel Ferizy," ujarnya.

Saat ini, pembayaran dapat dilakukan melalui lebih dari 120 metode pembayaran. Mulai dari virtual account, gerai ritel, Internet banking, E-wallet, dan Finpay Code sehingga pengguna jasa dapat menerima E-Tiket secara real time.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya