2 Faktor Penentu Bisnis Brand Lokal Bisa Cuan dan Bertahan di Era Digital

Ilustrasi ide bisnis.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Era digital memiliki tantangan sendiri untuk mengembangkan bisnis brand lokal. Namun, ditegaskan ada dua elemen utama yang sangat menentukan.

Pecinta Hewan Merapat, Jakarta Pet Expo 2024 Akan Hadir di Kemayoran!

Sidharta Oetama, Chief Executive Officer Kino Indonesia menjelaskan, kedua faktor itu adalah implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG) dan fokus pada bisnis berkelanjutan. 

“Kami percaya dua elemen tersebut merupakan kunci keberhasilan dan keberlangsungan bagi bisnis lokal di era digital ini,” ujar Sidharta dikutip dari keterangannya, Senin, 16 Oktober 2023.

Dari Dokter Hingga Pengusaha, Perjalanan Inspiratif Daniel Tanri Rannu

Hal tersebut menurut dia, juga merupakan pertimbangan utama dalam program Kinovation yang digelar. Diketahui, program akselerator dari Kino Indonesia untuk startup direct-to-consumer [D2C] menyelenggarakan Demo Day pada 13 Oktober 2023 sebagai penutup dari rangkaian program akselerator batch kedua.

Ilustrasi perusahaan rintisan atau startup

Photo :
  • Freepik
Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Setelah bertemu dan berdiskusi dengan para ahli industri dari berbagai sektor seperti ritel, internet, superapp, e-Commerce, dan media digital, peserta memiliki kesempatan untuk membina hubungan profesional dan membuka kesempatan kolaborasi kedepannya.

Beberapa perusahaan yang terlibat di program ini adalah Kino Indonesia, Google, Meta, GoTo, dan Youtube. “Peserta yang mengikuti program batch kedua ini berasal dari sektor yang lebih beragam, seperti food and beverage, mom and baby, beauty and skin care, hingga home care. Hal ini menunjukkan antusiasme tinggi dari komunitas usaha mikro, kecil, dan menengah [UMKM] lokal untuk terus belajar demi mempertajam skill bisnis,” tambahnya.

Ilustrasi perusahaan rintisan atau startup.

Photo :
  • Freepik

Kesepuluh brand lokal ini terpilih karena memiliki visi kuat, produk yang unik dan berkualitas, dan strategi yang berfokus pada konsumen. Brand lokal terpilih tersebut adalah Bonvie, Fitbreak, Grandville, Malo, Nasho, Nevernot, Oterra, Roona, Skin Time, dan Things Untouched.

“Implementasi ESG dan fokus pada sustainability merupakan faktor krusial yang menjadi pertimbangan Kinovation. Kami berharap setelah mengikuti serangkaian program bootcamp dan Demo Day, peserta bisa mengembangkan bisnis mereka lebih pesat lagi, serta mampu bersaing dengan pemain lama hingga produk luar negeri,” lanjut Sidharta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya