Ganjar Sebut Penegakan Hukum jadi Kunci Peningkatan Pajak di Indonesia

Bacapres Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Calon presiden (capres) dari PDIP, Ganjar Pranowo membeberkan salah satu faktor upaya peningkatan pendapatan negara melalui pajak dengan cara menerapkan kepastian penegakan hukum kepada pengusaha dan investor.

Ganjar Serukan "Membuka Ruang Check and Balances" bagi Pemerintahan

"Bicara pendapatan negara, maka kita bicara tentang pajak. Kuncinya adalah penegakan hukum," ujar Ganjar Pranowo kepada wartawan di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta, Selasa, 24 Oktober 2023.

Ilustrasi pajak.

Photo :
  • Freepik
Ahok Sebut Gaji Ideal Warga yang Tinggal di Jakarta Minimal Rp 5 Juta

Menurut Ganjar, rasio pajak di Indonesia saat ini masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan hal itu dengan mempermudah investor atau pengusaha dalam membayar kewajiban mereka kepada negara.

"Tax ratio kita masih terlalu lemah, dan kita penting untuk presiden punya dashboard khusus pendapatan negara ya. Jadi ini sesuatu yang menurut saya hari ini menjadi perhatian bersama," ucapnya.

Menohok! Balasan Petinggi Gerindra ke Ganjar soal Politik Akomodasi: Apakah Salah?

Pemerintah, lanjut Ganjar, tidak boleh menakut-nakuti wajib pajak. Presiden akan punya panel khusus dalam mengawasi pendapatan negara.

Potensi pendapatan negara dari segi bisnis baik dari BUMN, lanjutnya, ialah dari perusahaan nasional atau perusahaan asing dan sebagainya. Dia menekankan lagi bahwa kuncinya adalah dengan melakukan penertiban terhadap hal ilegal, meningkatkan nilai anti korupsi, dan meningkatkan integritas.

"Ilegal-ilegal itu dilegalkan dalam arti ditertibkan, sehingga satu, nilai anti korupsi mesti tinggi, integritas musti tinggi, pendekatan hukum mesti tinggi sehingga kalau itu dilakukan rasanya bisa," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya