IHSG Dibuka Melemah, Intip Saham-saham Pilihan Hari Ini

Ilustrasi IHSG.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG melemah 2 poin atau 0,04 persen pada pembukaan perdagangan Kamis, 9 November 2023 pukul 09.02 WIB ke posisi 6.801.

OJK Cabut Izin Usaha TaniFund Lantaran Tak Penuhi Ketentuan Ekuitas dan Rekomendasi Pengawasan

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih memperkirakan, IHSG akan bergerak mixed pada perdagangan hari ini. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa sentimen dari dalam negeri. 

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Ratih dalam riset hariannya, Kamis, 9 November 2023.

BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

Karyawan melintas di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Ratih menjelaskan, sentimen yang berasal dari dalam negeri tersebut, yakni daya beli masyarakat domestik tetap solid di tengah kenaikan suku bunga di level 6 persen. Sebab Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Oktober 2023 masih di level optimis sebesar 124,3, lebih tinggi dari perolehan September 2023 sebesar 121,7. 

Antam Tebar Dividen 100 Persen Laba Bersih 2023

Adapun akselerasi IKK ditopang oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Sementara itu, pasar ekuitas domestik cenderung volatile sejalan dengan keluarnya arus modal investor asing yang cukup deras. Pada perdagangan Rabu, 8 November 2023 kemarin, investor asing tercatat jual bersih Rp 728,9 miliar.

Ratih mengatakan, dari mancanegara terlihat bahwa penjualan ritel di kawasan Eropa pada September 2023 terkoreksi 2,9 persen yoy. Itu melanjutkan penurunan pada bulan sebelumnya yang melambat -1,8 persen yoy. 

Selain itu konsumsi melemah di tengah kenaikan suku bunga yang agresif dari Bank Sentral Eropa (ECB). Adapun imbal hasil US treasury kembali merosot ke level 4,49 persen menjelang beberapa pidato pimpinan The Fed bernada dovish untuk tidak menaikkan suku bunga di tengah melemahnya ekonomi dan data tenaga kerja yang mencerminkan perlambatan. 

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed dalam range 6.768-6.852," ujarnya. 

Di sisi lain, Ratih juga memberikan sejumlah rekomendasi saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini di antaranya ACES, ULTJ, dan JSMR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya