Genjot Transformasi Digital, Taspen Layani 6,74 Juta Peserta hingga Oktober 2023

Taspen.
Sumber :
  • Dokumentasi Taspen.

Jakarta – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) berkomitmen untuk memberikan pelayanan andal bagi seluruh peserta melalui transformasi digital dan beragam inovasi.

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi

Direktur SDM dan Teknologi Informasi Taspen Ovita Susiana Rosya mengatakan, hal tersebut salah satunya dengan terus mengembangkan aplikasi Taspen Customer Digital Services (TCDS). Aplikasi ini, merupakan upaya rasionalisasi atau penyatuan seluruh aplikasi eksisting di Taspen, seperti Taspen Otentikasi, Taspen One Hour Online Service (TOOS) dan Taspen Care.

Taspen.

Photo :
  • Dokumentasi Taspen.
IISM dan Indonesia Cold Chain Expo 2024 Tawarkan Inovasi Teknologi Rantai Pasokan Bisnis makanan

“Penguatan teknologi digital yang agile, andal, aman dan terintegrasi untuk operasional perusahaan (layanan dan investasi) serta penguatan platform teknologi informasi agar tercipta Digital Ecosystem Taspen Group, semuanya tertuang dalam IT Master Plan Perusahaan dan mendasari Rencana Jangka Panjang Perusahaan, serta arahan manajemen yang tertuang dalam policy statement,” kata Ovita dikutip dari keterangannya, Kamis, 9 November 2023.

Dia menjabarkan, untuk mendukung pengoptimalan layanan bagi peserta, TCDS menggunakan beberapa teknologi terkini. Yakni Elektronic Know Your Customer (autentikasi wajah dan KTP), pemanfaatan teknologi biometric dan enrollment, reprogramming aplikasi menggunakan microservice teknologi terbaru, modul dan fitur yang sama untuk seluruh platfrom (android dan iOS), serta peningkatan app security.

Perusahaan Ini Berani Mengubah Model Teknologi

Selain itu, untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data peserta, TCDS menerapkan security improvement yang sudah bersertifikasi ISO 27001:2013, seperti network security, data protection, identity management, endpoint protection, dan server security.

“Tercatat hingga bulan Oktober 2023, Taspen memiliki 6,74 juta peserta, yang terdiri dari 3,68 juta peserta aktif dan 3,06 juta peserta pensiun. Upaya rasionalisasi melalui aplikasi TCDS ini diharapkan dapat memudahkan kebutuhan peserta dan sebagai bentuk aktif Taspen dalam menghadirkan inovasi digitalisasi yang sesuai dengan teknologi terkini,” kata Ovita.

Atas transformasi digital yang dilakukan, Taspen meraih 2 penghargaan dalam ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023 untuk kategori Best Digital Technology and IoT Implementation 2023 dan Best Chief Technology Officer (CTO) Indonesia Digital Innovation and Achievement Of The Year 2023 atas nama Ovita Susiana Rosya.

Menara Taspen (Arthaloka Building)

Photo :
  • vivanews/Andry

Kemudian, penghargaan diberikan oleh Ketua Penyelenggara Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023 Sukatna Pancamiharja kepada Direktur SDM dan Teknologi Informasi Taspen Ovita Susiana Rosya.

“Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Insan Taspen untuk terus meningkatkan pengembangan diri dan berupaya aktif menciptakan inovasi digitalisasi layanan Taspen yang sesuai dengan kebutuhan para peserta. Ke depan, Taspen akan senantiasa berupaya aktif untuk memberikan pelayanan andal bagi seluruh peserta di Indonesia,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya