Pembangunan Kereta Otonom di IKN, Kemenhub Ungkap Bocorannya

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan, pihaknya saat ini masih mengkaji terkait pembangunan sistem Autonomous-rail Rapid Transit (ART) atau kereta otonom di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam hal ini masih melakukan diskusi terkait pembangunan ART di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Dari pak Menhub ada diskusi mengenai Autonomous Railway Transport, seperti trem untuk innernya IKN. Itu juga ada beberapa diskusi ke arah situ," kata Adita di Kantor Kemenhub Senin, 13 November 2023.

Ada Korban Meninggal Akibat Tabrakan KA Pandalungan Vs Mobil di Pasuruan, Perjalanan KA Terganggu

Presiden Jokowi bersama para menteri kemah di IKN Nusantara

Photo :
  • Setkab

Adita menuturkan, untuk pembangunan kereta api di IKN itu dilihat dari beberapa aspek, yakni kebutuhan, radius, hingga teknologi.

Kebut 12 Proyek IKN, Waskita Karya Pastikan 7 Proyek Rampung Semester I-2024

"Tapi dilihat dari kebutuhan, radius, teknologinya. Sepertinya ART jadi opsinya juga untuk di dalam IKN," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemerintah berencana membangun proyek kereta api di IKN. Hal itu diantaranya, kereta api bandara, kereta perkotaan di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), perkotaan di dalam Kalimantan dan intercity.

Adapun untuk pembangunan proyek kereta di calon ibu kota Indonesia itu direncanakan akan dilaksanakan mulai 2025 hingga 2029.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya