Anies: Peran Koperasi, Warga Bisa Kelola Kampung Akuarium hingga Terhindar Pinjol

Pasangan Capres cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • Akun X @cakimiNOW

Depok - Calon presiden (capres) Anies Baswedan berniat mengembalikan peran koperasi sebagai penunjang perekonomian Indonesia. Ketika menjabat sebagai Gubernur DKI, Anies bersama istrinya mengelola koperasi sebagai wadah yang menunjang peningkatan ekonomi. Bahkan peranan koperasi saat itu mampu menghindari warga dari jeratan pinjaman online (pinjol).

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

“Ketika saya bersama istri saat mengelola PKK, di sana banyak yang memiliki koperasi. Menariknya kampung-kampung yang ibu-ibunya membangun koperasi melalui PKK terhindar dari pinjaman online. Tapi mereka yang tidak punya koperasi, rata-rata bisa terjebak dengan mudah ke pinjaman online, karena mereka tidak punya infrastruktur penopang bagi mereka,” kata Anies saat orasi di acara Kick Off Kampanye Nasional Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Depok, Minggu (26/11/2023).

Bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

Fungsi koperasi, khususnya di kawasan pertanian menjadi kebutuhan yang sangat penting. Disebutkan di sekitar kawasan Bandung banyak sekali kegiatan peternakan yang berbasis koperasi.

“Bila didukung dengan serius dan bukan dikelola oleh pemerintah, tapi dikelola oleh rakyat, tapi negara memfasilitasi, Insha Allah koperasi-koperasi itu akan bisa maju berkembang,” ujarnya.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Anies juga menceritakan mengenai Kampung Akuarium yang sempat digusur tahun 2016 dan dibangun kembali tahun 2022. Dia menceritakan, ketika itu saat pemerintah membangun kompleks rumah susun, maka akan dibentuk unit pelaksana teknisnya (UPT) yang bertugas merawat gedung dan pengelolaan uang sewa. UPT itu merupakan bagian dari pemerintah.

“Mulai dari Kampung Akuarium kami membuat eksperimen, dimana negara bekerjasama dengan koperasi yang anggotanya adalah semua yang tinggal di kompleks kampung ini harus menjadi anggotanya. Koperasi itu yang merawat gedungnya, menjaga seluruh aktivitas dan koperasi itu pula yang mengatur aktivitas di dalam rumah Kampung Susun Akuarium, negara hadir dengan memberikan kepercayaan kepada rakyat melalui koperasi untuk mengelola kegiatan yang ada di tempat itu,” bebernya.

Terobosan itu baru pertama kali dilakukan di Kampung Akuarium. Berhasil dengan terobosan tersebut, Anies pun menerapkan sistem yang sama saat membangun kompleks kampung susun di bekas warga Bukit Duri yaitu melalui pendekatan koperasi.

Ahmad Syaikhu di acara Kick off Kampanye Nasional PKS

Photo :
  • Galih Purnama (VIVA)

“Kami sering sampaikan, mereka-mereka yang tinggal di sana, bisa saja secara sosial ekonomi masih rendah, tapi bukan berarti komitmen kejujuran mereka rendah,bukan berarti komitmen kerja mereka rendah, justru mereka memiliki kemampuan untuk kerja bersama, kemampuan untuk bisa mandiri, disiapkan institusi koperasi negara bisa membantu lewat institusi koperasi,” ungkapnya.

Pengembangan seperti inilah yang bisa dilanjutkan untuk peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan warga. Penerapan sistem koperasi juga bisa diterapkan di sektor lainnya.

“Ini adalah salah satu ikhtiar kita bagaimana membuat kerjasama dan kolaborasi di tingkat masyarakat melalui institusi koperasi akan kita bisa hidupkan kembali,” pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya