Sri Mulyani Bebebrkan Peran APBN Jaga RI Tumbuh 5 Persen Selama Pemulihan Ekonomi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5 persen selama 8 kuartal berturut-turut. Meskipun gejolak ekonomi tidak pernah berhenti dalam 2 tahun terakhir.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

“Di dalam kuartal yang cukup panjang, APBN tetap terjaga untuk mendukung pemulihan ekonomi yang tumbuh sekitar 5 persen selama 8 kuartal," kata Sri Mulyani dalam Penyerahan Secara Digital Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah Tahun Anggaran 2024 Rabu, 29 November 2023.

Bendahara Negara ini mengatakan, selama 8 kuartal atau 2 tahun terakhir, Indonesia diterpa berbagai masalah. Hal itu mulai dari pandemi COVID-19 hingga ketegangan geopolitik yang terjadi di beberapa negara.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Photo :
  • Dok Sri Mulyani

Sehingga hal ini menyebabkan terjadinya volatilitas harga komoditas global yang menjadi penyumbang utama inflasi. Serta menyebabkan terjadinya kenaikan suku bunga di sejumlah negara maju.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Kinclong, Kinerja Bank Papan Atas Siapa yang Jadi Juara?

"Ini membuat munculnya arus modal keluar dan tekanan nilai tukar," jelasnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Sri Mulyani melanjutkan, Indonesia baru saja dihantam fenomena El Nino yang mempengaruhi harga pangan. Menurutnya, APBN berperan sangat penting karena memberikan bantalan berupa bantuan kepada masyarakat di tengah terjadinya gejolak ekonomi global.

"Untuk itu, APBN 2024 disusun dengan asumsi indikator makro yang optimis namun tetap waspada terhadap dinamika yang akan terus terjadi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya