Layani Pemudik Nataru, Pertamina Siagakan 337 Unit 'SPBU Keliling'

Pertamina pastikan stok distribusi BBM terpenuhi.
Sumber :
  • Pertamina

Jakarta – PT Pertamina (Persero) menyiagakan ratusan motorist guna memberikan layanan pengantaran BBM serupa SPBU Keliling, kepada para pemudik di momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023-2024).

Konsumsi BBM Skutik Yamaha Fazzio dari Yogyakarta ke Solo Tembus 83 Km/Liter

Motorist merupakan istilah bagi para petugas pembawa BBM yang mengendarai sepeda motor, untuk mengantarkan BBM kepada para pengemudi kendaraan yang membutuhkan bensin di tengah perjalanan mudik Nataru tersebut.

"Betul, dalam Nataru kali ini Pertamina Patra Niaga kembali menyiagakan layanan motoris, untuk melayani pengiriman BBM," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, saat dihubungi VIVA Bisnis, Selasa, 5 Desember 2023.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Truk-truk tangki BBM milik Pertamina

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

Mengenai berapa banyak personel motorist serta di titik-titik mana saja mereka akan disiagakan, Irto mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya masih terus mengevaluasi hal tersebut.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Rencananya, Pertamina Patra Niaga akan menyiapkan 337 unit motorist, yang akan disiagakan di jalur utama, jalur rawan kemacetan, serta jalur wisata dan lokasi keramaian lainnya. "Jumlah ini masih bisa berubah berdasarkan proyeksi konsumsi saat Nataru," ujar Irto.

Dia memastikan, Pertamina juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, untuk mengawal para motorist tersebut saat menjalankan tugasnya.

Perihal ketersediaan stok BBM dalam menghadapi musim mudik Nataru 2023-2024 kali ini, Irto memastikan bahwa ketersediaan BBM saat ini dan saat musim Nataru nanti berada pada kondisi aman.

Runner melakukan pengantaran bahan bakar minyak (BBM) untuk pesanan layanan Go Pertamina pada aplikasi GO-LIFE di Jakarta, 27 Oktober 2018.

Photo :
  • VIVA/Dhana Kencana

Bahkan, Dia juga mengatakan bahwa Pertamina telah melakukan sejumlah persiapan, dalam menyambut musim mudik Nataru tersebut.

"Stok BBM semua dalam kondisi aman, begitu juga dengan distribusinya. Sementara untuk persiapan lainnya yaitu layanan-layanan tambahan seperti motorist tadi, SPBU dan Agen/Pangkalan Siaga, Kios Siaga, serta menyiagakan sarfas kami 24 jam untuk wilayah-wilayah tertentu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya