Groundbreaking Gedung Polres Khusus IKN, Jokowi: Anggaran Rp 160 Miliar

Jokowi groundbreaking proyek di IKN.
Sumber :
  • Biro pers Istana.

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis, 21 Desember 2023. Menurut dia, Kantor Polres IKN ini menelan biaya ratusan miliar rupiah.

Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

“Alhamdulillah, pada hari ini kita melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Polres Khusus Kawasan IKN dengan anggaran sebesar Rp 160 miliar,” kata Jokowi.

Menurut dia, Gedung Polres Khusus Kawasan IKN ini dibangun diatas lahan seluas 6.189 meter persegi. Namun, kata Jokowi, luas lahannya sebenarnya 12 hektar yang akan diselesaikan pembangunannya selama 9 bulan. “Luas lahannya seingat saya 12 hektar. Ini (6.189 meter persegi) adalah luas bangunan,” ujarnya.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Presiden Jokowi bersama para menteri kemah di IKN Nusantara

Photo :
  • Setkab

Tentu saja, Jokowi mengingatkan supaya pembangunan Gedung Polres Khusus Kawasan IKN ini harus direncanakan desainnya dilengkapi berbagai fasilitas dalam rangka kegiatan keamanan.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

“Mumpung ini juga baru awal, saya tadi disampaikan oleh Kapolri bahwa akan ada CCTV di semua sudut, akan ada command center-nya, akan ada analisis untuk AI-nya. Saya minta sejak awal disiapkan, direncanakan dan dikompleti (dikompletkan) sekalian,” jelas dia.

Karena, Jokowi ingin Gedung Polres Khusus IKN ini dijadikan sebagai contoh bahwa Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali ke depannya.

“Yang berkaitan dengan kriminalitas, utamanya dalam rangka menjaga dan melindungi warga di Ibu Kota Nusantara, sehingga nanti bisa dijadikan contoh untuk kota-kota yang lainnya, termasuk tentu saja organisasinya harus betul-betul disiapkan secara khusus,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya