Dua Bulan Beroperasi, Penumpang Kereta Cepat Whoosh Tembus 1 Juta Orang Lebih

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Jakarta - Kereta Cepat Whoosh telah melayani 1.028.216 penumpang dalam kurun waktu dua bulan beroperasi, yakni sejak beroperasi secara komersial pada 17 Oktober hingga 25 Desember 2023.

KAI Tambah 7 Kereta Api di Libur Long Weekend, Simak Rute-rutenya

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi merinci, jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari perjalanan Whoosh, bahkan pernah mencapai hingga 21.500 penumpang. "Termasuk pada moment libur akhir tahun yang sedang berlangsung saat ini," kata Dwiyana dalam keterangannya, Selasa, 26 Desember 2023.

Dia menegaskan, capaian ini menunjukkan tingginya permintaan masyarakat akan transportasi umum yang modern dan andal dengan efisiensi waktu tempuh dan kenyamanan. Dwiyana menambahkan, berdasarkan survei, 48 persen penumpang Kereta Cepat Whoosh sebelumnya merupakan pengguna mobil pribadi.

Langkah MRT Jakarta Atasi Sistem Pembayaran yang Buat Antrean Panjang

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh diresmikan Presiden Jokowi.

Photo :
  • Dok KCJB

Artinya, kehadiran Whoosh berhasil untuk membantu program pemerintah, dalam mengalihkan masyarakat dari transportasi pribadi ke transportasi umum yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang Bakal Diuji Coba di IKN Juli Tahun Ini

"Dengan tersedianya fasilitas yang baik dan layanan yang efisien, masyarakat makin memilih transportasi umum seperti Whoosh. Sehingga berkontribusi terhadap berkurangnya ketergantungan pada mobil pribadi," ujar Dwiyana. 

Selain itu, kata Dwiyana, capaian 1 juta penumpang ini juga menjadi salah satu bukti, jika kereta cepat Whoosh telah mendapatkan kepercayaan masyarakat dan menjadi moda transportasi pilihan untuk perjalanan Jakarta-Bandung

Dwiyana memastikan, sejak beroperasi hingga menjelang pergantian tahun, operasional Kereta Cepat Whoosh telah berjalan lancar dan mencapai zero accident. Para petugas juga telah melakukan SOP dengan baik agar kualitas pelayanan kepada penumpang bisa terjaga.

Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

"Mencapai 1 juta penumpang hanya dalam waktu dua bulan, merupakan bukti tingginya kebutuhan akan transportasi umum yang modern dan andal di Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya