Bank Tanah Siapkan Lahan 400 Ha untuk Relokasi Warga Terdampak Bandara VVIP dan Tol IKN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan sejumlah pejabat saat meninjau lokasi rencana pembangunan bandara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Senin, 21 Februari 2022.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Kepala Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja memastikan, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 400 hektare (ha), untuk relokasi warga yang terdampak proyek pembangunan Bandara Very Very Important Person (VVIP) dan jalan tol di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. 

Bea Cukai Tanggapi Viral Penumpang Pilih Robek Tas Hermes Ketimbang Bayar Pajak Rp 26 Juta

Dia menjelaskan, wilayah-wilayah yang terdampak dari pembangunan Bandara VVIP IKN dan jalan tol itu yakni Kelurahan Maridan, Gersik, dan Pantai Lango.

"Lahan seluas 400 hektare untuk relokasi warga terdampak pembangunan prasarana pendukung IKN tersebut," kata Parman dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 13 Januari 2024.

Kebut 12 Proyek IKN, Waskita Karya Pastikan 7 Proyek Rampung Semester I-2024

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Photo :
  • Dok. Kemenhub.

Dia mengatakan, Badan Bank Tanah berkomitmen mendukung penuh pembangunan Bandara VVIP IKN sejak awal, serta memikirkan masyarakat yang terdampak sehingga siap melakukan relokasi. Parman menegaskan, upaya relokasi ini merupakan bagian dari program Reforma Agraria, yang dijalankan oleh Badan Bank Tanah seluas 1.883 hektare.

Ada IKN Nusantara, Ekonomi Pulau Kalimantan Tumbuh 6,17 Persen

"Bank Tanah bertanggung jawab dalam menyiapkan lahannya, namun kewenangan menentukan warga yang berhak serta membagikan lahan tersebut adalah Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) di bawah kendali kepala daerah setempat," ujarnya. 

Menurutnya, warga penerima lahan pengganti, yang sudah terdata dan terverifikasi dokumen kepemilkan tanahnya oleh kelurahan dan kecamatan, akan diverifikasi ulang oleh GTRA.

"Reforma Agraria tidak hanya memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan sehingga tercapai benefit berupa kemakmuran dari masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Desain Garuda untuk Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru.

Photo :
  • Tangkapan kamera @suharsomonoarfa.

Senada, pimpinan proyek PPU, Syafran Zamzani mengatakan, Badan Bank Tanah tidak hanya menyiapkan lahan relokasi bagi masyarakat yang berhak, melainkan juga akses jalan untuk masyarakat.

"Tanah garapan masyarakat yang direlokasi sudah terdapat sarana akses menuju asetnya. Tentu ini akan memberikan manfaat pada nilai tanah mereka," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya