Jadi Anggota UNEP FI, BTN Ditugasi PBB Kembangkan Industri Perbankan Berkelanjutan

BTN.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN, telah resmi menandatangani Prinsip-Prinsip Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Perbankan yang Bertanggung Jawab atau UN Principles for Responsible Banking (UN PRB).

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Hal itu otomatis menjadikan BTN sebagai anggota United Nations Environment Programme Financial Initiative (UNEP FI). Yakni, sebuah badan PBB untuk mendorong pengembangan industri perbankan yang berkelanjutan (sustainable banking industry), bersama bank-bank di seluruh dunia.

Direktur Utama BTN, Nixon L.P. Napitupulu menegaskan, dengan menjadi anggota UNEP FI dan menandatangani Prinsip-Prinsip tersebut, BTN menunjukkan komitmen yang kuat terhadap perbaikan Environmental, Social, and Governance (ESG).

IPA Convex 2024 Maksimalkan Potensi Indonesia Jadi CCS Hub di Asia

"BTN berkomitmen untuk mewujudkan misi ESG-nya, yaitu Become the ESG Champion in the Banking Industry," kata Nixon dalam keterangannya, Senin, 15 Januari 2023.

Dirut BTN Nixon LP Napitupulu.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.
Sekjen PBB Tidak Akan Toleransi Serangan Darat Israel di Rafah

Dengan bergabungnya BTN, UNEP FI akan membantu bank dalam menerapkan keuangan berkelanjutan (sustainable finance), serta membuka kesempatan berkolaborasi dan bertukar best practices berdasarkan prinsip-prinsip perbankan yang bertanggung jawab.

"Hal ini akan membantu BTN untuk menjadi pionir keuangan berkelanjutan di industri perbankan dan keuangan di Indonesia," ujarnya.

Nixon menambahkan, bergabungnya BTN menjadi anggota UNEP FI, merupakan wujud nyata komitmen pihaknya untuk berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan. Serta, menjadi bank yang terdepan dalam penerapan prinsip-prinsip pelestarian ESG).

Direktur Utama BTN, Nixon L. P. Napitupulu

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

"Dengan mengambil peran aktif secara internasional, BTN telah berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan kami, yaitu menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia," kata Nixon.

Dia menegaskan, sebagai anggota UNEP FI, BTN akan menerapkan Prinsip-Prinsip PBB Mengenai Perbankan yang Bertanggung Jawab atau UN Principles for Responsible Banking (PRB). Hal itu merupakan sebuah kerangka kerja, untuk mendorong industri perbankan yang berkelanjutan sesuai dengan visi dan misi di dalam Sustainable Development Goals (SDGs) dan Paris Climate Agreement.

"Sebagai anggota, BTN akan menerapkan UN PRB yang diakui secara internasional, yang memungkinkan BTN untuk secara terbuka menyampaikan komitmennya dalam memasukkan faktor ESG dalam pengambilan keputusan bisnis perbankan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya