Otorita IKN Sebut Infrastruktur Sudah 70 Persen Siap Jelang Upacara 17 Agustus 2024

Pembangunan IKN Nusantara
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Pemerintah kerap menginformasikan bahwa pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024 akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pihak Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) pun telah mengungkapkan progres pembangunan infrastruktur pendukung seremoni kenegaraan tersebut.

Kebut 12 Proyek IKN, Waskita Karya Pastikan 7 Proyek Rampung Semester I-2024

Saat dikonfirmasi, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN, Silvia Halim, membenarkan hal tersebut. Ia menyebut, 70 persen dari infrastruktur pendukung yang ditargetkan rampung sebelum 17-an nanti, sudah akan siap digunakan di salah satu momen sakral Republik Indonesia itu.

"Infrastruktur yang ditargetkan siap untuk 17 Agustus sudah di 70 persen," kata Silvi saat dihubungi VIVA Bisnis, Kamis, 15 Februari 2024.

Ada IKN Nusantara, Ekonomi Pulau Kalimantan Tumbuh 6,17 Persen

Penanganan jalan menuju IKN Nusantara dari Kabupaten Penajam Paser Utara mulai dilaksanakan.

Photo :
  • Antara

Dia menjelaskan, berbagai infrastruktur yang mulai akan rampung seperti Istana Negara, kantor Kementerian Koordinator (Kemenko), sumbu kebangsaan, rusun ASN, dan sarana-prasarana (sarpras) dasar pendukung lainnya.

OIKN to Test Railless Train and Flying Taxi This Year

"Juga untuk kelengkapan ekosistem, termasuk rumah sakit, hotel, komersial, dan sebagainya," ujarnya.

Saat ditanya peresmian apa lagi yang sekiranya bakal dilakukan di IKN dalam waktu dekat ini, Silvi mengaku belum bisa mengonfirmasi daftarnya secara rinci. Namun, Dia memastikan bahwa pada Februari dan Maret 2024 ini, akan ada hasil pembangunan yang bakal di-groundbreaking di IKN.

"Direncanakan akan ada grounbreaking berikutnya pada Februari ini atau di Maret," ujar Silvi.

Mengenai tantangan terkini yang masih kerap dihadapi oleh pihaknya dalam menggenjot progres pembangunan di IKN, Silvi pun membeberkan sejumlah permasalahan yang dihadapi oleh OIKN terkait hal tersebut. 

Sejumlah tantangan itu antara lain kondisi cuaca, kelancaran supply chain logistics, dan material. Kondisi itu diakui Silvi terjadi, karena saat ini pihaknya tengah berada pada kondisi 'peak' dalam melakukan pembangunan di IKN.

"Juga kita antisipasi puasa dan libur lebaran yang akan terjadi pas peak period, agar bagaimana kita bisa menjaga momentum kerja di lapangan pada masa tersebut," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Kepala OIKN, Bambang Susantono juga sudah menjelaskan, progres pembangunan Istana Presiden di IKN kini telah mencapai 53,88 persen. Dia memproyeksi, Istana Negara itu sudah akan siap digunakan, untuk menggelar Upacara Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Istana progresnya sudah lebih dari 50 persen dan mudah-mudahan nanti 17 Agustus sudah siap. Di depan istana itu nanti kita upacara Insya Allah pada 17 Agustus 2024," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya