Jokowi Tugasi Luhut Muluskan Rencana Investasi Apple di Indonesia

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan sebagai koordinator untuk menindaklanjuti hasil pertemuan Presiden Jokowi dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresiden, Jakarta. 

Luhut Ngaku Siap Jadi Penasihat Prabowo, JK: Boleh Saja, Asal...

Dalam pertemuan itu, Apple mengatakan berminat menaruh investasi di Indonesia. Luhut lah yang kembali ditugasi oleh Presiden Jokowi untuk memuluskan rencana investasi tersebut.

"Bapak presiden sudah menugaskan pak Luhut sebagai koordinator semuanya," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 17 April 2024. 

Perjalanan Inspiratif Febrian Muhamad Iqball: Dari Buruh Pabrik Hingga Selebgram

Agus menjelaskan bahwa CEO Apple, Tim Cook, sudah menaruh minat untuk membangun industri manufaktur di Indonesia. Terdapat dua opsi, pertama, membangun pabrik sendiri, kedua, menggunakan komponen yang sudah diproduksi di Indonesia, namun disesuaikan spesifikasinya.

Presiden Jokowi bertemu CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, 17/4

Photo :
  • Dok Projo
Terpopuler: Pegi Cirebon Ditangkap Polisi, Jokowi Tidak Diundang Rakernas PDIP

Agus juga menjelaskan bahwa pemerintah saat ini tengah menjajaki kemungkinan agar Indonesia bisa menjadi salah satu bagian dari rantai pasok produk Apple di pasar lokal dan global.

"As a global player itu sangat penting bagi kita buat semua fasilitas produksinya bisa diekspor. Itu yang tadi dibicarakan. Jadi jawabannya sangat simple, nilai tambah, nilai tambah harus ada di Indonesia, penyerapan tenaga kerjanya juga harus ada di Indonesia," imbuhnya.

Jokowi Ingin Apple Bangun Pabrik di RI

Sebelumnya, Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keinginannya agar Apple bisa membangun pabriknya di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Tim Cook usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 17 April 2024.

"Kami berbicara tentang keinginan Presiden untuk melihat adanya manufaktur di negara ini, dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan," kata Tim Cook saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta 

Bos Apple Tim Cook (Tengah).

Photo :
  • Antara.

Tim Cook mengatakan Apple memang telah berinvestasi di Indonesia dalam bentuk pengembangan talenta digital di Indonesia lewat Apple Academy yang saat ini sudah dibuka di empat lokasi, yakni BSD, Surabaya dan Batam, serta yang baru dibuka berlokasi di Bali.

Menurut Cook, pihak Apple sangat antusias dengan perluasan talenta digital di Indonesia lewat Apple Academy yang tengah dilakukan saat ini.

"Kami tidak sabar melihat bagaimana tiga akademi sebelumnya telah berprestasi, lulus ribuan orang dan mampu membuat aplikasi untuk App Store yang menarik perhatian tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Jadi, kami sangat antusias," ujarnya

Saat ditanya lebih lanjut soal keyakinannya berinvestasi di Indonesia, Cook menyatakan percaya Indonesia merupakan tempat yang baik untuk berinvestasi.

"Saya pikir kemampuan investasi di Indonesia tidak terbatas. Saya pikir ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi, dan kami berinvestasi, kami percaya pada negara ini," tegasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya