ASDP Angkut 26 Ribu Orang dan 125 Ribu Kendaraan pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

[dok. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Pada periode long weekend dan cuti bersama Hari Kenaikan Yesus Kristus, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat pergerakan penumpang sebanyak 26.122 orang dan 125.950 unit kendaraan di dua lintasan penyeberangan utama yakni Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

Pertamina Gencar Sosialisasikan QR Code Pertalite, Sudah Ada 3,44 Juta Daftar

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin mengungkapkan, penetapan libur nasional dan cuti bersama sebanyak 2 kali pada bulan Mei 2024 ini, telah ikut mendorong pergerakan masyarakat untuk melakukan perjalanan atau liburan, utamanya menggunakan jalur darat dan penyeberangan.

"Kendati tidak terlalu signifikan bila dibandingkan saat libur Hari Raya Idul Fitri kemarin, terdapat kenaikan jumlah trafik kendaraan dan penumpang bila dibandingkan hari normal," kata Shelvy dalam keterangannya, Senin, 13 Mei 2024.

Anindya Bakrie Siap Ajak Kadin hingga BUMN Berkolaborasi di Nusantara Sustainability Hub IKN

Dia melaporkan, data Cabang Merak pada bulan Maret atau periode sebelum Lebaran, jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang saat weekday sebanyak 6.066 unit per hari atau turun sebesar 2 persen dibandingkan Maret 2023 yang sebesar 6.164 per hari.

Pemudik Melintasi Garbarata. (Dokumentasi ASDP Indonesia Ferry).

Photo :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)
Zeekr Siap Ramaikan Pasar Mobil Listrik Indonesia

"Sedangkan saat weekend, tercatat sebanyak 7.257 unit per hari atau naik sebesar 5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebanyak 6.932 unit per hari," ujarnya.

Sementara jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang pada Angkutan Lebaran 2024 saat weekday yakni sebanyak 11.992 per hari, dan saat weekend mencapai sebanyak 14.511 per hari.

Shelvy mengungkapkan, tidak terjadi lonjakan yang signifikan di jalur tersibuk lintasan Merak-Bakauheni yang menghubungkan Jawa-Sumatera, maupun lintasan Ketapang-Gilimanuk yang menghubungkan Jawa-Bali.

Penyeberangan ASDP.

Photo :
  • Dokumentasi ASDP.

"Pantauan kami, arus kendaraan ramai mengalir namun lancar terkendali. Dipastikan, kapasitas pelabuhan dan kapal juga memadai terhitung mulai Rabu malam, 8 Mei 2024 hingga Minggu 12 Mei 2024 kemarin," kata Shelvy.

Dia menjelaskan, saat long weekend kemarin jumlah penumpang tertinggi pada arus berangkat di Pelabuhan Merak, jatuh pada hari Rabu, 8 Mei 1024. Yakni sebanyak 2.384 orang penumpang dan 8.610 unit kendaraan.

"Dan saat arus balik pada Minggu, 12 Mei 2024, pergerakan penumpang dari Pelabuhan Bakauheni sebanyak 2.806 orang dan 8.984 unit kendaraan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya