Evakuasi Kapal MV Layar Anggun 8, Kemenhub Diapresiasi

[dok. Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Pangkalan Tanjung Uban]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Kementerian Perhubungan melalui pasukan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Pangkalan Tanjung Uban, berhasil mengevakuasi Kapal MV Layar Anggun 8 dari kebakaran di Perairan Tanjung Berakit pada Rabu, 17 April 2024.

Liburan Seru dan Mewah di Kapal Pesiar Bersama Traveloka

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi menjelaskan, apresiasi tersebut disampaikan oleh pemilik kapal Ilham Layar Sdn Bhd, Dato Paduka Kapt Mohd. Hashim Ahmad, melalui surat yang dikirim kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Antoni Arif Priadi.

"KPLP selaku Sea and Coast Guard berkomitmen untuk mempertahankan kerja sama yang ada, dan menjamin keamanan serta keselamatan pelayaran di perairan Indonesia," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Antoni Arif Priadi, dalam keterangannya, Senin, 13 Mei 2024.

Kemenhub Ungkap Bus Maut Bawa Siswa SMK di Depok Tak Punya Izin Angkutan 

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Situasi ketika kapal terbakar diketahui saat berada dalam perjalanan dari Bintulu ke Port Klang, Malaysia. "Kami menghargai respons cepat dan efektif dari pasukan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Tanjung Uban dalam mengatasi kebakaran tersebut," ujar Capt Antoni.

Penumpang Kapal Tujuan Sumbawa-Lombok Lompat ke Laut

Dalam surat tersebut, pemilik kapal, Dato Paduka Kapten Mohd Hashim Ahmad, secara khusus menyatakan penghargaan dan terima kasih kepada pasukan KPLP Tanjung Uban, yang dipimpin oleh Jon Kenedi, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut Dan Pantai.

KPLP tangani insiden perompakan kapal TB. Royal 27 / TK.

Photo :
  • Dokumentasi KPLP.

Meski demikian, Capt Antoni meminta kepada seluruh jajaran KPLP agar tidak berpuas diri atas capaian yang membanggakan tersebut.

"Ke depan diharapkan agar KPLP terus meningkatkan kinerja dan menjadi garda terdepan dalam menjaga keselamatan pelayaran di seluruh perairan Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya