Rupiah Lesu ke Rp 16.128 per Dolar AS

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot lesu pada perdagangan Selasa, 14 Mei 2024. Rupiah melemah sebesar 48 poin atau 0,30 persen ke posisi Rp 16.128 per dolar AS.

Bos LPS Ungkap Tabungan Valas Turun gegara Banyak Orang Ambil Keuntungan 

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 16.085 per dolar AS. 

Analis PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi memperkirakan mata uang rupiah terhadap dolar AS akan ditutup melemah pada hari ini. 

Tabungan Rakyat Menipis, LPS: Paling Parah di Bawah Rp 100 Juta

"Mata uang rupiah fluktuatif namun ditutup melemah," kata Ibrahim dalam laporannya, Selasa, 14 Mei 2024. 

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Rupiah Loyo ke Level Rp 16.038 per Dolar AS

Ibrahim mengatakan, pemerintah masih terus mewaspadai adanya ancaman perekonomian global yang tidak menentu. Hal ini di antaranya, geopolitik Rusia dan Ukraina yang tak kunjung usai, serta konflik di Timur Tengah. 

"Di samping itu, pertumbuhan ekonomi di Eropa masih rendah, dan sebentar lagi Pemilu, yang paling dikhawatirkan adalah gerakan ekstrem kanan di Eropa bangkit. Hal ini dikhawatirkan bisa berimbas pada perekonomian dalam negeri," jelasnya.

Kendati demikian, Ibrahim menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh resilien. Di mana ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2024 yang tumbuh sebesar 5,11 persen. 

"Kuatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia ini tercermin dari PMI Manufaktur Indonesia pada April 2024 mencapai 52,9. Meningkatnya jumlah tenaga kerja baru, yang turut menurunkan angka pengangguran," terangnya. 

Adapun untuk hari ini mata uang rupiah terhadap dolar AS akan ditutup melemah di rentang Rp 15.060-Rp 16.130.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya